oleh

Jangan Biasakan Tidur Pagi, Ini Efek Buruknya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Terkadang karena harus lembur pada malam hari, seseorang mengorbankan waktu tidur malamnya untuk bekerja. Sebagai gantinya, mereka akan tidur pada pagi hari.

Namun tahukah Anda bahwa tidur pagi ternyata dapat memengaruhi kesehatan tubuh? Dikutip dari Alodokter, kebutuhan tidur masing-masing orang berbeda, tergantung usia, serta dipengaruhi juga oleh gaya hidup dan kondisi kesehatannya.

Orang dewasa rata-rata memerlukan tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya. Beberapa tanda Anda sudah tidur dengan baik yaitu dapat tertidur dalam waktu 15-20 menit setelah berbaring di tempat tidur, serta tidur teratur selama tujuh hingga sembilan jam, dan terbangun dengan perasaan segar.

Jika Anda mengalami gejala mengantuk yang ekstrem di pagi atau siang hari, ini adalah gejala hipersomnia, yang bisa disebabkan oleh narkolepsi, gangguan sleep apnea, gangguan sering bergerak saat tidur, dan berbagai obat-obatan.

Saat Anda merasa lelah di siang hari, mudah marah, dan sering tidur pada pagi atau siang hari, ini salah satu tanda Anda mengalami gangguan tidur. Apa saja bahaya tidur pagi yang terkait dengan gangguan medis tertentu?

1. Diabetes
Menurut penelitian, kurang tidur saat malam hari atau tidur terlalu lama bisa meningkatkan risiko diabetes.

2. Obesitas
Tidur terlalu banyak atau sedikit bisa membuat berat badan Anda meningkat. Menurut studi, orang yang tidur kurang dari tujuh jam atau lebih dari delapan jam setiap malamnya, memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan mereka yang tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari.

3. Sakit kepala
Untuk sebagian orang yang rentan mengalami sakit kepala, tidur berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena efek tidur berlebihan pada neurotransmiter tertentu di dalam otak, termasuk serotonin. Orang yang terlalu banyak tidur di pagi atau siang hari, akan mengacaukan pola tidur malamnya yang menyebabkan sakit kepala pada saat bangun.

4. Depresi
Meskipun sulit tidur di malam hari, sebagian kecil penderita depresi yang tidur terlalu lama justru membuat kondisi depresi semakin buruk. Untuk itu, diperlukan kebiasaan tidur yang teratur untuk proses pemulihan depresi tersebut. ** Baca juga: Ketahui Manfaat Makanan Pedas Bagi Tubuh

Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru