Jangan Abaikan Masa Kedaluwarsa 7 Benda Sehari-hari Ini

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat berbelanja makanan, Anda tentu akan memperhatikan tanggal kedaluwarsa yang tercantum dalam bungkus produk tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan kesehatan, salah satunya adalah keracunan.

Ternyata, bukan hanya makanan saja yang memiliki masa kedaluwarsa, karen beberapa benda pun punya masa berlaku. Benda-benda apa sajakah yang dimaksud? Melansir
Womentalk, berikut uraiannya:

1. Handuk
“Handuk mandi harus dicuci setelah dua hari pemakaian, terutama sekali jika ada anak-anak di rumah Anda,” kata Charles Gerba, ahli mikrobiologi di University of Arizona.

Untuk alasan kesehatan, Gerba juga menyarankan untuk memakai air panas dan deterjen khusus dengan oksigen teraktivasi untuk membersihkan handuk mandi. Masa pakai handuk bisa berbeda-beda tergantung seberapa banyak handuk yang Anda rotasikan pemakaiannya. Namun, yang pasti handuk harus diganti ketika robek, berjumbai, dan daya serapnya berkurang.

2. Sikat gigi
Agar fungsinya untuk membersihkan gigi kita tetap maksimal, gantilah sikat gigi setiap bulan sekali. Selain itu kita juga harus mengganti sikat gigi setelah sakit seperti batuk atau pilek agar kesehatan tetap terjaga.

3. Spons mandi
Kondisi spons mandi selalu basah atau lembap, sehingga mempermudah bakteri dan jamur berkembang biak. Karena itulah sebaiknya ganti spons mandi setiap dua minggu sekali.

4. Sisir
Untuk mempertahankan kilau rambut, rendam sisir dengan air hangat dan air sabun dua minggu sekali sampai kotorannya terangkat. Setelah setahun, jangan lupa untuk mengganti sisir Anda.

5. Bantal
Agar tak sakit leher dan sakit punggung, usahakan untuk mengganti bantal Anda setiap dua tahun sekali.

6. Sendok kayu
Sendok kayu memang terlihat lebih estetis untuk dikoleksi, tapi perhatikan juga masa kedaluwarsanya. Meski terkesan awet, gantilah sendok kayu Anda ketika terlihat ada perubahan warna dan retak, agar tidak menjadi tempat persembunyian kuman dan bakteri.

7. Pakaian dalam
Mengganti bra dan celana dalam sebaiknya dilakukan setiap satu tahun, juga ketika elastisitasnya menurun alias menjadi longgar. Pakaian dalam yang baik akan membentuk tubuh kita dengan lebih baik juga. ** Baca juga: Hati-hati, Kerja ‘Dikejar’ Deadline Pengaruhi Kesehatan

Yuk, perhatikan lagi masa kedaluwarsa barang-barang Anda.(ilj/bbs)