oleh

Jambore Pemuda Indonesia, Bentuk Jati Diri

Kabar6-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus berupaya mengobarkan jiwa nasionalisme para pemuda diwilayahnya.

Salah satu caranya adalah melalui kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI), yang diselengggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten.

Pada event ini, Dispora Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pun tak mau ketinggalan. Bahkan, pada lima tahun terakhir, tepatnya sejak 2011 hingga 2015 tahun ini, Dispora Kota Tangsel rutin mengirimkan peserta JPI ke berbagai daerah di tanah air.

Pendamping Jambore Indonesia, Dra. Hj. Tati Kusmawati mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran dan rasa cinta tanah air, memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kreativitas.

Tujuannya adalah agar pemuda di daerah memiliki karakter, daya saing, kemandirian dan jati diri.

Melalui kegiatan inilah, dilakukan seleksi untuk memilih peserta yang akan mengikuti JPI, yang akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2015 sampai 1 Nopember 2015, di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Seleksi JPI sendiri dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2015 sampai 26 Juni 2015, bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Margarana-Tabanan.

Seleksi JPI bertujuan untuk meluluskan seorang pemuda, yang nantinya siap untuk mengikuti JPI di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Sedangkan tujuan dan hasil yang di inginkan pada kegiatan JPI adalah;

  • 1. Untuk meningkatkan kreatifitas dan membuka wawasan tiap daerah.
  • 2. Tertanamnya rasa nasionalisme, rasa kesatuan dan persatuan dalam wadah NKRI.
  • 3. Transformasi nilai budaya, teknologi, pengembangan potensi dan kemandirian pemuda.(ADV)

Berita Terbaru