oleh

Jam Pelajaran Agama Sekolah di Tangsel Bakal Ditambah

Kabar6-Pemberlakuan penambahan jam pada mata pelajaran agama pada sekolah-sekolah di Tangerang Selatan (Tangsel) segera bergulir. Kebijakan tersebut mendapatkan respon dan antusiasme positif dari kalangan tenaga pengajar.

“Rencana pemberlakuan mata pelajaran agama itu bagus untuk mendukung moral siswa,” Ujar Kepala Sekolah SDN IV Pamulang Barat, Samlan, Selasa (29/1/2013).

Menurut Samlan, program pemambahan jam mata pelajaran yang tadinya dua jam menjadi empat jam sebenarnya sudah dilakukan jauh-jauh hari di SDN IV Pamulang Barat.

Ini sesuai dengan moto Tangsel yang Religius. “Salah satu program kita adalah Baca Tulis Al-quran untuk mengasah pemahaman agama siswa,” ujarnya

Guru Pelajaran Agama SDN IV Pamulang Barat, Ely mengatakan, penambahan pelajaran agama dalam kurikulum membuat siswa lebih mengenal islam.

Banyak anak jaman sekarang yang sudah jauh dari agama, mereka fokus di game online yang sedang marak. “Setidaknya ada yang menghandle perilaku mereka,” ujarnya.

Ely menambahkan, banyak kesulitan ketika mengembangkan paham keagamaan siswa, karena tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda.

Jadi untuk saat ini dibutuhkan penyesuaian melalui kurikulum, mana saja siswa yang membutuhkan tambahan pelajaran agama.

Menurut Ely, Pihak SDN IV Pamulang Barat akan menambah pelajaran agama melalui les yang diberikan seusai jam sekolah. Karena beberapa siswa Kelas IV SDN IV Pamulang Barat, belum lancar menulis huruf Arab dan membaca Al-quran.

Pengadaan jam belajar tersebut diharapkan bisa membantu siswa yang ketinggalan dalam hal pemahaman.

“Cuma masalah kita ada di kelasnya yang kurang, yang memungkinkan kita bisa memakai di Sore hari, karena Siang di pakai oleh siswa juga,” ujar Ely.

Kekurangan kelas masih menjadi masalah utama pengembangan pemahaman lebih lanjut masalah agama. Samlan menjelaskan, Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan sudah datang, dan merencanakan akan membangun kelas lebih banyak.

“Kita harapkan pembangunan ini bisa selesai, karena masih menunggu pembangunan SMP Pamulang,” ujarnya.

Salah Satu orang tua Siswa SDN IV Pamulang Mina (32) mengatakan, penambahan mata pelajaran agama ini sangat berguna untuk menjaga perilaku anak.

Anak bisa lebih menghormati orang tua dan mengerti tentang aqidah keagamaan. “Sekarang kan banyak anak yang main internet, susah disuruh solat,” ujarnya lagi.

Sementara, Kepala Sekolah SMP Plus Nusantara yang terletak di Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat, Tangsel, Faisal Bakar mengatakan, Sebelum ada kabar penambahan jam di Mata Pelajaran Agama, pihaknya sudah melakukan hal tersebut.

Di SMP Plus Nusantara sendiri pelajaran agama dilakukan selama delapan jam dalam seminggu.

Faisal menambahkan, pada hari jumat, pelajaran agama di ajarkan dengan dua sif, yang pertama dari jam 07.00 WIB pagi sampai jam 12.15 WIB siang. Yang kedua, dari jam 13.00 WIB siang sampai jam 17.30 WIB sore. “Ini dilakukan demi pemahaman agama siswa,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru