oleh

Jalani Menopause Bersama Kedelai

Kabar6-Menopause didefinisikan sebagai akhir dari siklus menstruasi secara permanen dan hilangnya fungsi ovarium.

 

Beberapa perempuan mungkin akan mengalami menopause lebih awal karena prosedur kesehatan, misalnya histerektomi (pengangkatan rahim atau uterus). Menurut data dari North American Menopause Society, di AS usia rata-rata perempuan yang mencapai menopause adalah sekitar 51 tahun.

 

Beberapa gejala menopause antara lain insomnia, berkurangnya gairah seks, perubahan mood, kekeringan vagina, berat badan bertambah, dan lain-lain.

 

Namun Anda tidak perlu risau, karena sebuah studi menyebutkan bahwa kedelai merupakan salah satu suplemen yang dapat meminimalkan gejala menopause. Ini dia uraiannya:

 

1. Minum dua gelas susu kedelai dapat meredakan hot flashes saat menopause. Hot flashes adalah rasa panas dalam tubuh, diikuti dengan keluarnya keringat, serta jantung yang berdebar-debar, yang merupakan gejala saat memasuki menopause.

 

2. Dua porsi susu kedelai mengandung 50 mg isoflavon, yang dapat mengatasi masalah vagina mengering. ** Baca juga: Hidup Sehat Berlebihan Juga Tidak Baik Lho

 

3. Mengonsumsi makanan kaya protein kedelai dapat mengurangi keringat berlebih pada malam hari, yang merupakan masa awal menghadapi menopause.

 

4. Mengonsumsi kedelai dan makanan kaya isoflavon membuat Anda tidak merasakan efek samping yang parah saat estrogen tiba-tiba menurun.

 

Hadapi menopause sebagai tahap alami yang memang harus dilalui seorang wanita. (ilj/bbs)

Berita Terbaru