oleh

Jalani Enam Cara Hidup Sehat Murah Meriah

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Memiliki tubuh sehat adalah idaman setiap orang. Ada berbagai cara untuk mewujudkan tubuh sehat, antara lain dengan pola makan seimbang, gaya hidup sehat, dan rajin berolahraga.

Nah, berikut sejumlah cara murah meriah untuk menjalani hidup sehat, dikutip dari situs Boldsky:
1. Berjalan tanpa alas
Berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat mengurangi risiko kanker dan mencegah diabetes, meningkatkan fungsi kardiovaskular, dan dapat meningkatkan antioksidan di dalam tubuh serta memperbaiki kualitas tidur.

2. Berjalan di hutan
Berjalan di hutan membuat otak kita lebih rileks ketika digunakan untuk berpikir. Dengan menghabiskan beberapa jam berjalan di tengah-tengah pepopohonan yang rindang, atau berkemah di danau, kita dapat menghirup phytoncides, zat aktif yang dikeluarkan oleh tanaman.

Zat ini membantu menurunkan tekanan darah dan stres, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Sering berdiri
Terlalu banyak duduk di tempat kerja berisiko pada masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes tipe 2. Menurut sejumlah penelitian, sering berdiri dapat meredakan cedera pada punggung dan nyeri.

4. Berkebun
Berkebun di pagi hari membuat tubuh kita terpapar sinar matahari yang menyehatkan bagi tubuh.

5. Bernyanyi
Bernyanyi adalah cara yang menarik untuk meningkatkan kesehatan kita. Bernyanyi membuat tubuh lebih bugar. Orang yang gemar bernyanyi jauh lebih sehat dibanding mereka yang tidak melakukannya. Bernyanyi memiliki efek ajaib bagi tubuh. Menurunkan denyut jantung, tekanan darah, mengurangi stres dan rasa sakit.

Bernyanyi juga memberikan kesempatan paru-paru untuk berlatih.

6. Tertawa
Ketika kita tertawa, udara dipompa masuk dan keluar dari paru-paru yang membawa banyak oksigen ke alam tubuh. Tertawa membantu melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan stres. ** Baca juga: Bolehkan Tidur Dalam Kondisi Rambut Basah?

Sehat itu sederhana bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru