oleh

Jalanan Cilenggang Berlubang, LBH Nata Kecewa Pemerintah Serpong Terkesan Lalai

Kabar6-Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nata menyoroti dan kecewa terhadap pemerintah yang terkesan lalai untuk memperbaiki Jalanan berlubang di Jalan Raya Serpong, Cilenggang, Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Direktur LBH Nata Isram mengatakan, kondisi Jalan Raya Serpong sangat memprihatinkan, rusak penuh lubang seperti kubangan digenangi air. Jalan itu sudah lama berlubang dan rusak tidak terjamah pemerintah. Padahal itu penghubung antara Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan Kabupaten Tangerang.

“Yang lebih parah lagi jalan tersebut merupakan akses menuju kantor-kantor pusat pelayanan pemerintah dari menuju Kantor DPRD, Dinas PU, DLHD, KPU, BAPPENDA, Dukcapil, Pasar Serpong, Stasiun KA Serpong,” ujar Isram kepada Kabar6.com, Rabu (21/10/2020).

Jalan tersebut sudah bertahun tahun rusak, lanjut Isram, namun hingga kini tidak terjamah. Menurutnya, hal ini terkesan pemerintah tutup mata, tutup telinga, serta menghindar bahkan saling lempar tanggung jawab.

Saat terjadi kecelakaan, kata dia, asumsi yang timbul merupakan kelalaian pengguna jalan, namun dijelaskannya, adanya beberapa faktor yang menyebabkan kecelakaan, termasuk kondisi jalan yang rusak.

“Mengenai urusan Lalu Lintas sudah diatur di UU LLAJ (Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, red). UU tersebut mengatur bahwa Pemerintah Pusat, Daerah Provinsi, Kabupaten dan atau Kota memiliki kewenangan sebagai penyelenggara jalan,” tuturnya.

Dalam UU LLAJ mengenai keadaan jalan rusak yang kemudian dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, maka penyelenggara jalan wajib memperbaiki atau memberi tanda atau rambu pada jalan yang rusak untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas namun pada faktanya dilapangan tidak demikian.

“Pemerintah jangan anggap remeh masalah ini. Kalian dapat di Pidana juga digugat secara Perdata karena akibat yang timbul sesuai ketentuan UU tersebut,” terangnya.

Keluhannya hampir sama dengan semua pengguna jalan yang melintas, dan terkhusus warga masyarakat Serpong menginginkan adanya perbaikan jalan tersebut.

**Baca juga: Rawan Kecelakaan, Masyarakat Cilenggang Keluhkan Jalanan Gelap dan Berlubang.

“Mengingat kondisi jalan yang rusak ditambah lagi dengan musim hujan menimbulkan potensi terjadinya lakalantas, sebelum menimbulkan korban yang lebih banyak lagi, saya berharap pemerintah untuk segera mengakomodir kegelisahan kami sebagai pengguna jalan, jangan terkesan tutup mata tutup telinga lalu lempar tanggung jawab,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru