oleh

Jalan Sawarna-Simpang yang Tertutup Longsor Sudah Bisa Dilewati, Warga Minta Bangun Turap

Kabar6-Ruas Jalan Sawarna-Simpang Ciawi tepatnya di Kampung Pojok Asem, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, sudah bisa dilewati kendaraan setelah sempat tertutup longsor, pada Selasa (1/3/2022) siang.

Material longsor yang sempat menutupi badan jalan akses Bayah-Cilograng sudah dibersihkan menggunakan alat berat yang diterjunkan ke lokasi.

“Sudah bisa dilewati, kemarin ada alat berat diturunkan untuk membantu membersihkan longsor yang menutup jalan,” kata Koordinator Desa Siaga Bencana Erwin Komara Sukma saat dihubungi Kabar6.com, Kamis (3/3/2022).

Namun, satu unit rumah yang berada di samping jalan ikut terdampak akibat longsor yang disebabkan hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut.

“Iya ada satu rumah yang terdampak terkena longsor,” ujar Erwin.

Supaya tebing di pinggir jalan tidak kembali longsor saat diguyur hujan lebat, Erwin berharap pemerintah daerah bisa secepatnya turun tangan melakukan penanganan dengan membuat turap atau dinding penahan tanah.

“Karena kalau tidak diturap, tanah tebing akan selalu bergeser dan longsor setelah hujan lebat. Jadi sangat perlu Dinas PUPR segera menindaklanjuti dengan membangun turap,” kata dia.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Lebak Irvan Suyatuvika membenarkan ruas Jalan Sawarna-Simpang sudah bisa dilalui pengguna jalan.

**Baca juga:Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Warga di Sungai Cisimeut Lebak

**Cek Youtube:Pedes! Bahas Rencana Pemekaran Tangerang Utara

“Betul sudah bisa, alat berat dari PT Cemindo Gemilang diturunkan untuk membantu penanganan longsor di titik tersebut,” kata Irvan.

Soal permintaan warga agar dibangunkan turap di tebing yang longsor, Irvan mengatakan PUPR harus terlebih dahulu mengecek kondisinya supaya penanganan dilakukan dengan tepat.

“Sedang disurvei oleh UPT,” katanya.(Nda)