Jalan Malas Ganti Bantal Tidur

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Anda yang terbiasa memakai bantal saat tidur sebaiknya mulai sekarang lebih memperhatikan ‘usia’ bantal. Ternyata, bantal yang sudah berusia dua tahun perlu diganti, karena bisa memicu masalah kesehatan.

The Hygiene Doctor bernama Lisa Ackerley, melansir The Sun mengatakan bahwa ratusan tungau debu kecil yang bersembunyi di bantal menimbulkan rasa gatal. Namun bukan tungau yang membawa penyakit, melainkan enzim dalam kotorannya.

Untuk menghindari gangguan alergi kulit, Ackerley mengatakan bantal tersebut harus segera dibersihkan. Tak hanya itu, disarankan untuk menjemur bantal secara rutin, serta hindari ruangan yang lembap. Apa saja tanda yang menunjukkan bantal Anda harus segera diganti?

1. Pegal saat bangun tidur
Bantal yang makin menipis membuat area punggung, leher, atau bahu merasa pegal. Bila hal ini sudah terjadi segeralah mengganti bantal.

2. Sakit kepala
Tubuh bagian atas akan mengalami tekanan karena bantal yang sudah tidak layak pakai. Tekanan itu pun membuat kepala makin sering sakit.

3. Nyeri leher
Bantal yang telah lama digunakan membuat kepala dan leher tidak lagi mendapatkan sanggahan. Rasa nyeri pun akan muncul. Ingin tubuh terasa segar setelah bangun tidur, mulailah perhatikan kebersihan bantal. ** Baca juga: Ada 3 Manfaat Tak Terduga Mandi Usai Berolahraga

Jangan abaikan ketiga tanda tadi, dan segera ganti bantal Anda dengan yang baru agar kesehatan tetap terjaga.(ilj/bbs)