oleh

Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik Selama Masa Karantina

Kabar6-Bagi sebagian orang yang memiliki peralatan kebugaran dan olahraga di rumah, menjaga tubuh tetap sehat dan kuat mungkin tidak menjadi masalah selama mereka termotivasi untuk berolahraga.

Sebaliknya, untuk Anda yang tidak memiliki fasilitas berolahraga di rumah, jalan kaki menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan sekaligus kebugaran. Ada lima alasan, melansir Kompas, mengapa jalan kaki adalah latihan terbaik untuk dilakukan selama pandemi COVID-19:

1. Tingkatkan kekuatan otot
Jalan kaki telah terbukti mengatasi efek penuaan pada kekuatan otot. Seiring bertambahnya usia manusia, kekuatan otot mereka sangat berkurang.

Berjalan kaki mengatasi masalah ini dengan membangun massa otot dan mengencangkan otot di area tubuh tertentu, terutama di punggung dan kaki.

2. Promosikan tulang yang lebih kuat
Tulang cenderung menjadi lebih lemah seiring bertambahnya usia seseorang. Menurut MedlinePlus, ini menjelaskan mengapa postur dan gaya berjalan berubah secara drastis ketika manusia bertambah tua.

Jalan kaki diyakini dapat memperkuat tulang. Bentuk latihan ini memberikan sejumlah tekanan pada tulang dan sel-sel tulang yang disebut osteoblas merespons dengan baik terhadap jenis tekanan ini, sehingga mencegah hilangnya kepadatan tulang.

3. Bakar lemak tubuh
Jalan kaki adalah salah satu latihan yang baik yang dapat membuat seseorang menurunkan berat badan tanpa harus bergantung pada peralatan olahraga. Studi menemukan, jalan kaki secara teratur membantu menurunkan berat badan dengan membakar lemak.

Orang bertubuh gemuk yang sering jalan kaki bisa mendapat manfaat dari efek pembakaran lemak saat berjalan kaki.

4. Tingkatkan suasana hati yang baik
Banyak orang menderita kecemasan dan perubahan suasana hati di tengah pandemi COVID-19 yang entah kapan akan berakhir. Berjalan kaki adalah cara yang baik untuk mengatasi masalah ini, karena aktivitas fisik ini telah terbukti memiliki efek positif pada suasana hati seseorang.

5. Tingkatkan kesehatan jantung
Alasan bagus lainnya mengapa jalan kaki adalah latihan terbaik untuk dilakukan selama masa karantina, karena efeknya berkaitan dengan kesehatan jantung. Rupanya, berjalan kaki membuat hati lebih kuat.

Karena ini adalah aktivitas aerobik, jalan kaki meningkatkan efisiensi jantung dengan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, berjalan mengurangi risiko terserang penyakit jantung. ** Baca juga: Buah yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Yuk, rutin lakukan olahraga jalan kaki.(ilj/bbs)

Berita Terbaru