oleh

Jalan dan Rumah Rusak, BPBD Lebak Ungkap Penyebab Pergerakan Tanah di Cilangkap

Kabar6-Pergerakan tanah terjadi di Kampung Kebon Kalapa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Kamis (10/6/2022).

Bencana alam itu mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan jalan poros desa ambles hingga tak bisa dilalui kendaraan.

Fenomena pergerakan tanah di wilayah tersebut bukan kali pertama terjadi. Pada 27 Januari 2022 lalu, pergerakan tanah juga terjadi.

“Karena tanah masih labil sehingga kemarin ada retakan yang semakin luas,” kata Kepala BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama, Minggu (12/6/2022).

Kata Febby, pergerakan tanah di Cilangkap disebabkan terjadinya pelapukan tanah karena struktur tanah berpasir, akibat erosi dan pelunakan oleh aliran Sungai Ciujung.

“Kekuatan tanah mengalami pelemahan sehingga gaya penahan pada bagian bawah sungai berkurang,” ucap Febby.

Erosi juga dikarenakan bidang longsoran merupakan titik benturan arus sungai yang cukup deras, sehingga tanah tidak tergelincir keluar lereng tapi ambles di titik paling lemah.

**Baca juga: Jalan Ambles dan Rumah Rusak di Cilangkap Lebak akibat Pergerakan Tanah

“Tentu ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan komprehensif dengan melibatkan ahli Geologi untuk menghindari dampak yang lebih besar dan dapat mengancam pemukiman lebih luas,” tutur Febby.

Terkait kerusakan berat yang terjadi pada jalan poros desa (Jalan KH. Ali Alwini), petugas melakukan penutupan akses menuju jalan tersebut.(Nda)