oleh

Jalan dan Jembatan di Desa Tarumanegara Dibangun DPUPR Banten, Dongkrak Perekonomian Warga

image_pdfimage_print

Kabar6- Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (DPUPR) Banten bangun jalan strategis dan jembatan di Desa Tarumanegara, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang.

Pembangunan jalan dan jembatan yang hendak menuju Kampung Tarikolot, Desa Tarumanegara tersebut di kerjakan oleh UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) wilayah Pandeglang dapat mendongkrak perekonomian warga.

Kondisi jalan tersebut, sebelumnya sudah rusak sehingga menyulitkan warga setempat untuk melakukan aktivitas. Bahkan lebih memprihatinkan lagi kondisi jembatan yang sudah miring yang sangat mengancam keselamatan jika melintasinya.

Sekretaris Desa (Sekdis) Tarumanegara Asep Didi mengungkapkan, memang kondisi jalan dan jembatan kondisinya rusak. Ia bersyukur kini telah dibangun oleh DPUPR Banten.

“Jalan dan jembatan yang dulu kondisinya rusak, tapi sekarang Alhamdulillah sudah terbangun,”kata Asep saat wawancarai, Jumat (30/12/2022).

“Jembatan itu dulunya hampir roboh condong (miring) setiap banjir itu air melintas ke situ karena memang jembatannya miring. Kalau sekarang enggak setelah saya cek kemarin pas hujan gede,”tambahnya.

Jalan dan jembatan di wilayah tersebut yang layak dilalui, diakuinya sangat berdampak positif bagi masyarakat baik dalam mendongkrak perekonomian mempermudah aktivitas warga.

Pasalnya di wilayah tersebut memiliki sumber daya alam yang melimpah. Dengan demikian Asep mengajak masyarakat dapat memeliharanya, supaya umur bangunan tersebut bisa bertahan lama.

“Pembangunan jambatan dan jalan di Desa Tarumanegara ini akan berdampak baik bagu aktivitas masyarakat, perkebunan, pertanian, anak yang akan pergi sekolah dan masyarakat yang ke pasar tentunya ini akan menjadi lancar sehingga berdampak pada perekonomian,”ungkapnya.

Dipenghujung tahun 2022, Asep berharap cuaca bisa mendukung untuk kelancaran pengerjaannya, sebab diketahui akhir-akhir ini memang cuaca ekstrim masih melanda sejumlah wilayah di Pandeglang.

Kalaupun tidak, kata dia pihak pelaksana dapat melakukan siasat lain agar pekerjaan tersebut bisa selesai dengan tempat waktu dan masyarakat segera menikmatinya.

“Kami sebagai masyarakat memang memaklumi dengan kondisi seperti ini, karena menurut informasi yang kami dapat dalam setahun ke depan jalan ini masih dalam pantauan pemeliharaan. Karena kalau ada kekurangan dalam pengerjaan kita maklumi dengan cuaca buruk seperti ini,”terangnya.

**Baca juga:Apdesi Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di PandeglangĀ 

Sementara Pengawas Jalan dan Jembatan UPTD PPJ Wilayah Pandeglang Mufti membenarkan jika instansi yang tengah memiliki pekerjaan jalan dan jembatan di desa Tarumanegara.

“Usulan pembagunan di Desa Tarumanegara terealisasi oleh Pemprov Banten melalui Dinas PUPR Provinsi Benten dan dilaksanakan oleh UPTD PJJ Wilayah Pandeglang berupa jalan dan jembatan,”katanya

Diakuinya selama masa pekerjaan terkendala oleh cuaca. Kendati demikian, pihaknya berupaya memaksimalkan kualitas dan menyelesaikan pekerjaan agar segera dirasakan masyarakat.

“Meskipun banyak kendala dilokasi pekerjaan upaya agar bisa maksimal dalam pengerjaan terus kita lakukan. Semoga kedepan bisa dirasakan oleh masyarakat manfaatnya,”tandasnya.(Aep)

Print Friendly, PDF & Email