oleh

Jaga Posisi Duduk Saat WFH Agar Tetap Sehat

Kabar6-Tidak hanya di kantor, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dalam waktu lama ternyata mulai memberikan tanda-tanda lelah pada tubuh. Salah satunya pegal di bagian pinggang, sakit leher, dan punggung tegang.

Hal ini bisa jadi karena kita kurang memperhatikan posisi duduk saat bekerja di depan layar komputer atau laptop sepanjang hari. Melansir Femina, hal pertama yang sebaiknya diperhatikan adalah sandaran kursi. Saat bekerja sambil duduk, Anda memerlukan sandaran yang tepat. Kursi yang terlalu jauh jaraknya dari meja juga tidak baik karena akan membuat Anda membungkuk.

Pastikan punggung mendapatkan bantalan sandaran yang nyaman untuk duduk dalam waktu yang lama. Gunakan bantal atau kursi dengan sandaran dari bantalan kain.

Kemudian, atur tinggi kursi dan tangan Anda. Tinggi kursi cukup berpengaruh pada kenyamanan tubuh saat bekerja sambil duduk. Kursi yang terlalu pendek mengakibatkan kaki tertekuk dalam jangka waktu lama sehingga peredaran darah terganggu. Idealnya, posisi lutut sedikit di bawah pinggul saat kita duduk.

Selain itu, pastikan tinggi kursi Anda pas sehingga posisi tangan saat mengetik di atas meja teras nyaman. Sebaiknya, posisi lengan membentuk huruf L pada bagian siku, sejajar dengan lantai.

Atur juga tinggi pandangan mata. Saat bekerja dengan laptop atau desktop, pastikan posisi layar berada sejajar mata dalam jarak pandang yang tidak terlalu dekat. Anda tak perlu membungkuk dan mendekati layar. Posisi ideal jarak tubuh ke layar adalah sepanjang lengan Anda bila diluruskan.

Atur tinggi monitor, jangan sampai Anda mendongak atau menunduk saat mengetik. Hal ini dapat menyebabkan leher pegal. Bila meja yang Anda gunakan kurang tinggi, coba ganjal laptop atau layar monitor dengan tumpukan buku yang cukup kokoh.

Pastikan posisi keyboard dan mouse berada di depan Anda. Agar saat bekerja dan mengendalikan mouse, posisi tubuh Anda tetap lurus tidak ‘membelok’. Begitu pun jarak keyboard sebaiknya sekira 15-20 cm dari ujung meja agar tersisa cukup ruang untuk rileks menaruh pergelangan tangan saat mengetik.

Hindari juga menjepit telepon genggam. Dengan pekerjaan yang nyaris seluruhnya dilakukan dari jarak jauh, komunikasi banyak berpindah ke ponsel baik untuk panggilan suara maupun video. Tanpa Anda sadari, seringkali Anda menjepit telepon di antara telinga dan bahu sambil mengetik.

Kebiasaan ini memicu nyeri dan pegal pada otot pundak yang juga bisa mengakibatkan tertariknya otot punggung dan leher. Gunakan earbud, headphone, ataupun headset saat menelpon sambil bekerja. Mau gunakan fitur loudspeaker boleh saja, tapi perhatikan lingkungan sekitar.

terakhir, beristirahatlah setiap beberapa jam sekali di antara aktivitas di depan layar yang intens selama bekerja dari rumah. Bangkit dari tempat duduk, berjalan-jalan sejenak. Jangan lupa lakukan peregangan agar otot tidak kaku.

Bila Anda beruntung mendapatkan waktu untuk rebahan di sela bekerja, gunakan bantal di belakang pinggang untuk meredakan pegal dan tekanan pada bagian tersebut. ** Baca juga: Apa Sebenarnya Arti Kode pada Plastik yang Anda Gunakan?

Tetap sehat meski bekerka sepanjang hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru