oleh

Jaga Lingkungan, Karang Taruna Sawarna Tanam 1.000 Mangrove di Pantai Cihasem

Kabar6-Seribu batang mangrove (Bakau) ditanam Karang Taruna Warna Karya Desa Sawarna, di sempadan Pantai Cihasem, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Minggu (27/2/2022).

Penanaman dilakukan Karang Taruna bersama Pemdes dan lembaga Desa Sawarna beserta pokdarwis, pengurus majelis taklim, Muspika Kecamatan Bayah dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Alhamdulillah kegiatan berjalan baik. Ini salah satu kegiatan Karang Taruna di bidang melestarikan lingkungan hidup. Tahap pertama ditanam 1.000 batang, dan nanti ada sekitar 600 batang lagi yang akan ditanam,” kata Majelis Pertimbangan Karang Taruna Warna Karya, Ida Yuningsih kepada Kabar6.com.

Penanaman pohon bakau bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi dan erosi pasir pantai tersebut. Apalagi dulunya, di lokasi itu pernah dilakukan aktivitas penambangan pasir.

“Jadi kami berinisiatif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yakni abrasi dan erosi, dengan semakin terkikisnya pasir pantai. Ini perlu kita jaga bersama-sama,” ujar wanita yang akrab disapa Ma Idod.

**baca juga: Ketua Demokrat, AHY, Sindir Penundaan Pilpres 2024.

Selain mencegah terjadinya kerusakan lingkungan, kedepannya pesisir pantai yang sudah ditumbuhi tanaman mangrove dapat dikembangkan dan ditata untuk menjadi salah satu destinasi wisata.

“Seperti di daerah-daerah lain, kawasan yang ditumbuhi mangrove menjadi objek wisata. Ini juga kita harapkan sekian puluh tahun ke depan bisa menjadi tambahan pendapatan desa melalui wisata mangrove,” kata dia.(Nda)