oleh

Jaga Kesehatan Sendi dengan 5 Makanan Pilihan

Kabar6-Hampir semua gerakan tubuh melibatkan tulang dan sendi. Diketahui, sendi adalah penyambung atau penghubung antara dua tulang dan berperan penting dalam pergerakan tubuh. Ada banyak sendi yang terdapat di dalam tubuh, misalnya sendi bahu, lengan, pergelangan tangan, jari, pinggul, pangkal paha, lutut, tungkai kaki, dan jari kaki.

Karena itulah, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan sendi dan tulang agar Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman dan lancar. Melansir beberapa sumber, ada lima makanan pilihan yang dapat membantu kesehatan sendi. Apa sajakah itu?

1. Apel
Apel yang memiliki kandungan antioksidan dapat membantu pembentukan kolagen. Apel juga dapat mencegah kerusakan jaringan dalam tubuh. Saat mengonsumsi apel, makanlah bersama kulitnya yang telah dibersihkan untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

2. Bayam
Merupakan sayuran dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik. Bayam yang telah dimasak dapat memberikan kontribusi hingga 25 persen dari kebutuhan kalsium harian. Tak hanya itu, kandungan serat bayam, zat besi hingga vitamin A di dalamnya juga sangat baik untuk kesehatan.

3. Salmon
Kandungan yang dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi lainnya adalah omega-3, dapat dijumpai dalam salmon. Biasanya, persoalan sendi disebabkan karena peradangan.

Salmon yang memiliki kandungan vitamin D serta omega-3 ini dapat mengurangi risiko peradangan tersebut. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi salmon maka jaringan sendi yang ada dalam tubuh juga dapat terlindungi.

4. Telur
Telur memiliki kandungan protein tinggi dan sumber vitamin D yang dapat membantu kesehatan sendi. ** Baca juga: Beberapa Jenis Makanan yang Membuat Anda Justru Tambah Lapar

5. Keju
Keju rendah lemak sangat baik untuk dikonsumsi bagi yang takut akan kolestrol tinggi. Dalam keju seberat 1,5 ons terdapat kalsium hingga 30 persen dari kebutuhan harian.

Sebenarnya tak hanya keju, susu maupun produk olahan susu lainnya seperti yoghurt juga tentunya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendiri.

Yuk, masukan dalam daftar menu harian Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru