oleh

Jaga Kesehatan Mata dengan 10 Makanan Bergizi

Kabar6-Mata adalah bagian yang sangat penting, karena merupakan salah satu dari panca indera manusia. Melalui mata, berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar bisa dilihat dan memengaruhi memori kita.

Karena itulah Anda harus menjaga baik-baik kesehatan mata, antara lain membiasakan diri membaca buku dengan jarak kurang lebih sekira 30 cm, atau mengistirahatkan mata apabila terlalu lelah.

Nah, salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memilih makanan bergizi untuk mata. Melansir healthline, ada 10 makanan terbaik untuk kesehatan mata yang disarankan, yaitu:

1. Tomat
Buah berwarna merah ini memang memiliki banyak manfaat karena kandungan likopen dan luteinnya. Likopen berguna untuk melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker dan lutein merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi mata terutama dari efek berbahaya sinar matahari.

2. Bawang putih dan bawang merah
Bawang putih dan bawang merah kaya akan sulfur dan kandungan glutathione, yang mampu mencegah glaukoma dan memperlambat proses terjadinya katarak, akibat penuaan.

3. Wortel
Wortel mengandung likopen dan lutein yang melindungi mata dari radiasi UVB. Selain itu, wortel kaya akan vitamin A dan mengandung beta-karoten, yang diperlukan agar kemampuan mata dalam melihat dapat berfungsi dengan baik.

4. Telur
Telur merupakan sumber protein yang baik. Kandungan sulfur dan sistein di dalamnya membantu untuk melindungi terhadap proses terjadinya katarak. Telur juga mengandung lutein yang mengurangi risiko degenerasi makula, suatu kondisi di mana terjadi penurunan fungsi penglihatan. Biasanya terjadi pada para lansia.

5. Alpukat
Buah ini mengandung likopern dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan antioksidan dan vitamin A mencegah stres pada mata, sehingga memperlambat proses terjadinya katarak.

6. Brokoli
Kandungan sulphoraphane dalam brokoli mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Apabila radikal bebas tidak dihalangi maka bisa merusak sel yang nantinya akan menghancurkan DNA. Semua organ tubuh akan terganggu salah satunya adalah fungsi penglihatan.

7. Lemak ikan
Kandungan lemak seperti asam lemak omega-3 dalam ikan seperti ikan cod, tuna, mackerel, ikan teri dan salmon baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan EPA dan DHA dalam ikan akan membantu dalam membangun sel retina.

8. Blueberry
Kandungan antosianin dalam blueberry mampu memperbaiki penglihatan pada malam hari, memperlambat proses terjadinya katarak. Selain itu, mampu melindungi retina dari kerusakan karena cahaya, penuaan dan peradangan sehingga lebih melindungi dari penyakit degenerasi makula.

9. Jeruk
Jeruk sebagai buah atau jus jeruk mengandung vitamin C. Tetapi yang lebih penting, berlimpah kandungan lutein dan zeaxanthin. ** Baca juga: Ada Manfaat Kesehatan Saat Anda Mulai Kurangi Konsumsi Nasi Putih

10. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, hazelnut, kacang dan selai kacang mengandung vitamin E, sehingga berguna untuk memperlambat proses terjadinya katarak akibat radikal bebas.

Jaga kesehatan mata mulai sekarang dengan mengonsumsi makanan terbaik. Selain itu, hindari juga kebiasaan melihat gadget dalam ruang gelap.(ilj/bbs)

Berita Terbaru