oleh

Jaga Dua Pantai saat Libur Akhir Tahun, Balawista Lebak Terjunkan 50 Personel

Kabar6-Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Lebak menyiagakan 50 personelnya untuk menjaga dua pantai saat libur akhir tahun 2018.

Dua pantai itu adalah Pantai Sawarna di Kecamatan Bayah dan Pantai Bagedur di Kecamatan Malingping yang menjadi destinasi wisata favorit masyarakat mengisi waktu libur.

“Tiga puluh orang di Sawarna dan dua puluh orang di Bagedur. Dua pantai ini yang jadi prioritas kami,” kata Ketua Balawista Lebak, Erwin Komara Sukma kepada Kabar6.com, Senin (10/12/2018).

Kata Erwin, selain di dua pantai tersebut, personel Balawista tidak disebar ke pantai lain terkecuali ada permintaan dari pengelola pantai.

“Belum ada (permintaan), tapi kami tawarkan satu atau dua orang petugas untuk berjaga ke beberapa kawasan seperti Pantai Goa Langir dan Pulomanuk,” ujarnya.

Guna mencegah hal yang tidak diinginkan seperti wisatawan terseret ombak, Balawista juga menyiapkan spanduk berisi imbauan, bendera tanda bahaya dan aman, serta posko-posko khusus di beberapa titik pantai yang kategori rawan.

“Termasuk alat-alat penyelamatan pantai semisal jaket, papan surfing. Itu kami inventarisir,” ucapnya.

Erwin berharap kepada para wisatawan untuk berhati-hati dan memperhatikan imbauan petugas saat akan berenang di pantai.

“Jangan berenang terlalu ke tengah. Termasuk kepada pengelola wisata pantai kami harapkan menyiapkan petugas atau relawan untuk berjaga, bisa kan dilibatkan,” tuturnya.

Lebih lanjut Erwin mengatakan, saat libur akhir tahun, wisatawan akan mulai berdatangan pada tanggal 24 Desember.**Baca juga: Kejari Kabupaten Tangerang Bagi-bagi Kaos Anti Korupsi.

“Puncak ramainya itu tanggal 31 Desember sampai tanggal 2 Januari,” imbuhnya.(Nda)

Berita Terbaru