oleh

Jadi yang Pertama di Tangerang, 142 Petugas Rutan Kelas I Tangerang Terima Vaksin

Kabar6 – Vaksinasi Covid-19 terhadap petugas Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas, dan Rumah Tahanan Negara atau Rutan di wilayah Provinsi Banten telah dimulai. Dimana, dalam hal ini sebanyak 142 petugas Rutan Klas I Tangerang, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, kedapatan menjadi yang pertama di Tangerang untuk suntik vaksin sinovac Covid-19.

Diketahui, pelaksanaan vaksinasi yang dimulai pukul 09.00 WIB berjalan dengan penerapan protokol kesehatan (prokses) ketat, dimana setipa pegawai secara bergantian masuk ke ruangan yang sudah disiapkan. Didalam ruangan, terdapat empat meja yang disediakan.

Keempat meja tersebut untuk bagian pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksin dan observasi.

“Hari ini, pegawai yang divaksinasi Covid-19 sebanyak 142 orang. Itu sesuai dengan jumlah pengawai yang ada di Rutan Kelas I Tangerang,” kata Kepala Rutan Kelas I Tangerang Fonika Affandi kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Menurut Fonika, pelaksanaan vaksinasi hari ini diutamakan untuk pegawai terlebih dahulu karena kouta vaksin terbatas. Namun, pihaknya sudah berkoordinasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang untuk vaksinasi bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Kemungkinan, para WBP akan menerima vaksin Covid-19 bersamaan dengan vaksinasi bagi masyarakat. Tapi kami saat ini sudah mulai melakukan pendataan WBP untuk vaksinasi tersebut,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Fonika juga menyampaikan kesan saat disuntik vaksin Covid-19. Menurutnya, perasaannya biasa-biasa saja. Artinya tidak merasa sakit dan juga tidak mengalami efek yang lainnya.

“Alhamdulillah, biasa-biasa saja ya seperti belum divaksin malah. Tidak ada gejala apapun,” ucapnya.

**Baca juga: Sidak Kamar WBP, Petugas Rutan Kelas I Tangerang Temukan Benda Terlarang

Dalam kesempatan ini, Fonika juga berharap, kepada teman-teman di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) untuk tidak perlu takut untuk divaksin Covid-19.

“Jadi, jika ada kesempatan untuk mendapatkan vaksin, ikuti. Karena ini sangat bermanfaat untuk kita dan keluarga,” pungkasnya.(Vee)

Berita Terbaru