oleh

Jadi Lebih Sehat dengan Lakukan 4 Perubahan Kecil dalam Keseharian

Kabar6-Mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga menajdi salah satu cara untuk mendapatkan hidup berkualitas. Namun tidak hanya itu saja, ternyata ada hal lain yang dapat mendukung Anda memiliki pola hidup sehat.

Ada beberapa perubahan kecil dalam melakukan kebiasaan sehari-hari, yang ternyata juga bisa membuat Anda lebih sehat. Melansir beberapa sumber, berikut empat perubahan kecil yang dimaksud:

1. Hindari membawa tas berat
Kebiasaan mengurangi isi tas sangat membantu mencegah nyeri leher, punggung, dan bahu. Seorang chiropractor bernama Dr. Robert Hayden, DC, PhD, menyarankan agar saat membawa tas, seimbangkan beban di kedua bahu dan hindari tas dengan lebih berat dari 10 persen berat badan Anda.

2. Posisi tidur
Postur tubuh saat tidur sama pentingnya dengan postur tubuh berdiri. “Saya menganjurkan untuk tidur dalam posisi miring, jika memungkinkan. Pastikan bantal Anda kokoh dan cukup tinggi agar kepala tetap sejajar dengan kasur. Gunakan guling untuk memeluk agar menopang beban ekstremitas tubuh saat tidur. Kebiasaan sehari-hari yang sederhana ini menjaga tubuh Anda tetap lurus dan bebas stres saat tidur,” urai Dr. Hayden.

3. Setop gadget satu jam sebelum tidur
Seorang direktur medis bernama Mark Buchfuhrer, MD, mennjelaskan bahwa cahaya yang memancar dari gadget dapat mengganggu tidur Anda. Hal ini karena panjang gelombang cahaya itu mengganggu produksi melatonin dan ‘menipu’ tubuh untuk berpikir bahwa itu adalah siang hari

Ketimbang gadget, lebih baik Anda membuka buku, lakukan peregangan santai, atau temukan cara lain untuk melepas lelah dalam satu jam terakhir sebelum waktu tidur.

4. Jalan kaki lima menit setiap jam di tempat kerja
Penelitian menunjukkan, gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat merusak kesehatan. Jika Anda adalah pekerja di belakang meja, pastikan untuk mengambil waktu istirahat selama lima menit setiap jam untuk berjalan kaki.

Meski sederhana, kebiasaan sehari-hari ini dapat membantu Anda meminimalkan efek buruk terlalu lama duduk pada kesehatan, dan memastikan Anda mendapatkan waktu 150 menit berolahraga per minggu, seperti yang direkomendasikan. ** Baca juga: Tanpa Disadari, Ada Sejumlah Kebiasaan Buruk Orangtua yang Ternyata Bisa Ditiru Anak

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru