oleh

Irgan Himbau Perketat Pengawasan Hewan qurban

Kabar6-Jelang datangnya Hari Raya Idul Adha, pemerintah daerah dan panitia qurban di Tangerang dihimbau lebih memperketat pengawasan terhadap kesehatan hewan qurban.

Hal itu demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan mengonsumsi hewan qurban saat perayaan Idul Adha 1434 H yang akan jatuh pada 15 Oktober 2103 mendatang.

Himbauan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Irgan Chairul Mahfiz, kepada kabar6.com, Minggu (29/9/2013).

“Semua hewan untuk qurban harus diawasi kesehatannya oleh dinas peternakan dan panitia qurban. Jangan sampai hewan qurban yang sakit dikonsumsi warga,” ujar Irgan.

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan itu mengatakan, pengawasan hewan qurban diperlukan mengingat warga yang akan berqurban umumnya tidak mengetahui ciri-ciri hewan yang berpenyakit.

“Makanya, setiap hewan yang dijual untuk qurban harus dilengkapi dengan sertifikasi sehat dari Dinas Peternakan setempat. Karena langkah itu akan melindungi konsumen,” ujarnya.

Pantauan kabar6.com, meski perayaan Idul Adha masih 2 pekan lagi, namun pedagang hewan qurban sudah tumbuh marak disejumlah pelosok wilayah Tangerang.

Di Kota Tangerang, salah satu titik niaga hewan qurban berada di kawasan Jalan TMP Taruna, Pasar Anyar. Sedangkan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), salah satu titik niaga hewan qurban berada diwilayah Serpong.

Sementara di Kabupaten Tangerang, salah satu titik niaga hewan qurban terdapat diwilayah KEcamatan Sepatan.(irsa)

Berita Terbaru