oleh

IPM Lampaui Indeks Nasional, Banten Aman Bagi Investor

Kabar6-Posisi Provisi Banten yang berdekatan DKI Jakarta dan Bandara Soekarno Hatta, harusnya menjadi daya tarik para investor menanamkan modalnya dan terbukti dengan hadirnya 14 ribu industri di Banten.

Untuk itu, saat ini pihaknya mengaku tengah menyusun agar seluruh pembangunan yang ada bisa sejalan dengan kemajuan daerah, termasuk pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

Salah satu caranya adalah dengan penyerapan tenaga kerja asli daerah yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Menurutnya, perkembangan dinamika secara politik di Banten secara umum aman. Bahkan, laju pertumbuhan ekonomi di Banten cukup baik mencapai 5,9, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang melampaui rata-rata nasional, pembangunan yang dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun provinsi yang terus berjalan, diharapkan dapat lebih mempermudah para pengusaha dalam menjalankan usahanya. Belum lagi dengan potensi lain yang dimiliki Banten yang belum termanfaatkan secara ekonomi.

“Karena pada dasarnya, pemerintah, stakeholder dan masyarakat itu saling terkait dalam menciptakan iklim ekonomi dan investasi di Banten. Pemerintah menyiapkan kebijakan, pengusaha membuka lapangan pekerjaan, masyarakat membantu menciptakan suasana yang kondusif,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim, Jumat (26/4/2019).**Baca Juga: Lantai Lajur Uji KIR Dishub Kabupaten Tangerang Dinilai Kurang Layak.

Hal itu menyusul angka pengagguran yang ada di Provinsi Banten justeru datanf dari lulusan SMK. Pada sisi lain, dunia industri semakin modern, SDM dari luar berdatangan sehingga SDM lokal belum siap dan kalah bersaing.

“Saya sudah minta Dindik untuk menyiapkan tenaga terampil yang siap pakai, tapi Apindo juga baiknya terbuka untuk tenaga yang dibutuhkan sehingga bisa kita persiapkan,” katanya.(Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru