IPM Kabupaten Pandeglang Terendah se Banten

Gubernur Banten, Rano Karno.(bbs)

Kabar6-Gubernur Banten, Rano Karno menyebut indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Pandeglang, merupakan yang terendah di Provinsi Banten.

Pembangunan manusia di Pandeglang, tertinggal karena kemiskinan dan kualitas pendidikan yang rendah.

Hal tersebut disampaikan Rano usai melantik Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang terpilih periode 2016-2021, Rabu (23/03/2016).

“Kita akui, Pandeglang harus khusus karena disana industri masih minim. Semoga dengan adanya pembangunan speperti jalan tol (Serang-Panimbang), ekonomi disana semakin meningkat,” kata Rano.

Untuk diketahui, kabupaten yang masuk ke dalam wilayah Banten Selatan (Bansel) itu hanya memiliki pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp160 miliar. Baca juga: Usai Blokir Jalan, Buruh Kepung Kantor BPJS Tangerang.

Angka tersebut, tak sepadan dengan jumlah penduduk sekitar 1.130.514 jiwa dan luas wilayah 2.746 kilometer persegi. **Baca juga: Maju di Pilgub Banten, Dimyati Bakal Lewat Jalur Independen .

Kabupaten Pandeglang sendiri memiliki banyak tempat wisata, seperti KEK Tanjung Lesung, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), hingga Pantai Carita. **Baca juga: Rano Karno Lantik Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang.

Namun hingga kini, wilayah di Bansel ini belum berdiri industri skala besar yang mampu menopang perekonomian. Sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani.(fir)