IPKBI Gelar Rakor Gabungan Tiga Provinsi di Bogor

kabar6.com
Rakor IPKBI Lintas Provinsi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.(Mer)

Kabar6-Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) Lintas Provinsi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8/2018).

Sedianya, Rakor digelar bertujuan untuk meningkatkan kinerja para penguji kendaraan bermotor di ruang lingkup Dinas Perhubungan (Dishub).

Sedianya, Rakor Lintas Propinsi yang diprakarsai oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IPKBI Banten ini, juga melibatkan Provinsi DKI dan Jawa Barat.

Dimana pesertanya adalah perwakilan penguji dari Dishub masing-masing kota dan Kabupaten di 3 Provinsi tersebut.

Kepala UPT PKB Dishub Kabupaten Kabupaten Tangerang, Topik S. Kom mengatakan, pada prinsipnya Rokor ini mengenai akreditasi dan over dimensi and over load (odol), pembinaan yang diberikan kepada penguji untuk dapat lebih mengetahui hal baru yang lahir dari Kementerian terkait pengujian berkala kendaraan bermotor.

Sejauh ini, penguji bekerja sesuai pelimpahan UU nomor 23 tahun 2014, Tentang kewenangan Pengujian Kendaraan Bermotor di Kota atau Kabupaten, pengujian berkala yang baik sesuai dengan ketentuan, untuk dapat menjamin kendaraan yang berkeselamatan.

Harapannya, Pemerintah Daerah agar tidak berorientasi terhadap PAD dan mengesampingkan esensi dari pengujian berkala kendaraan, sehingga berdampak hilangnya kepercayaan masyarakat sebagai wajib uji yang taat.

Sementara, Ketua Umum IPKBI Pusat, Muslim Akbar mengatakan, bahwa pemerintah akan tetap fokus melakukan pembinaan terhadap para penguji kendaraan bermotor di kota dan Kabupaten di Indonesia, namun tetap lebih fokus pada sisi pelayanan publik.**Baca juga: Ini Tips Cara Sembelih Hewan Ternak Kurban dari MUI Kota Tangsel.

Dimana saat ini sistem terintergrasi teknis dan administration dengan di dukung alat uji yang sesuai standard ketentuan, sebagaimana Peraturan Meteri (Permen) no 133 tahun 2015, Tentang Pengujian Kendaraan Bermotor.(mer)