oleh

IPEKOLIN Kawal Kinerja Airin Agar Tetap Merakyat

Kabar6-Memasuki tahun ke dua, pemerintahan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany dirasa sudah memiliki program yang berpihak pada kepentingan rakyat.

Fakta itu mengacu pada sejumlah pembangunan yang dilakukan lebih mendahulukan kepentingan publik, ketimbang kepentingan pemerintahan itu sendiri.

Hal itu disampaikan Direktur Institute Direktur Institut Pemberdayaan Ekonomi dan Lingkungan (IPEKOLIN), Gusri Effendi, dalam diskusi internal IPEKOLIN di Restoran Bukit Pelayangan, Cilenggang, Serpong, Tangsel, Jumat (19/10/2012).

“Yang kami maksud program pembangunan untuk rakyat adalah, mendahulukan pembangunan infrastruktur, seperti jalan lingkungan, penanggulangan sampah dan lainnya. Bukan mendahulukan pembangunan Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem),” ujar Gusri.

Ditanya tentang maraknya desakan dari kalangan Legislatif di Tangsel agar Airin segera membangun kantor Puspem, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tangsel ini mengklaim, bahwa hal itu bisa menjadi bukti bila kalangan DPRD di Tangsel belum benar-benar ikhlas mewakili aspirasi dan kepentingan masyarakatnya.

“Tugas dasar pemerintah adalah melayani dan mensejahterakan masyarakat. Jadi, tidak pantas rasanya bila pemerintah lebih mendahulukan fasilitas dan kepentingannya, ketimbang kepentingan masyarakat luas,” kata Gusri lagi.

Untuk itu, Gusri berjanji bahwa IPEKOLIN akan terus mengawal kinerja Pemkot Tangsel agar tidak mengabaikan kepentingan masyarakat, lewat program-program yang merakyat.

Diketahui sebelumnya, kalangan DPRD Tangsel menuding bahwa selama 2 tahun pemerintahan Airin masih menyisakan sejumlah Pekerjaan Rumah (PR).

Salah satu PR dimaksud adalah, membangun kantor pusat pemerintahan yang diyakini penting karena merupakaan icon bagi Kota Tangsel.

“Dari pada mengontrak yang sama-sama memakan biaya, lebih baik bangun gedung pemerintahan. Apalagi, jarakanya yang berpencar-pencar, akan menyulitkan pelayanan satu atap,” Heri Somantri, Anggota Komisi III DPRD Kota Tangsel beberapa waktu lalau.(tom migran)

 

Berita Terbaru