oleh

Inspirasi Kartini, Ini Karakter Perempuan Super Versi Airin

Kabar6-Raden Ajeng Kartini, sosok pahlawan nasional yang telah mampu menjadi inspirasi bagi kaum hawa. Atas kegigihan dan kesabarannya, karakter perempuan yang teguh memperjuangkan kesetaraan gender ini telah meletakan pondasi nilai-nilai luhur.

Adalah Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, mengaku sebagai salah satu pengagum sosok Kartini. Baginya, pahlawan emansipasi wanita kelahiran Jepara, Jawa Tengah, itu telah mengajarkan arti pentingnya pendidikan bagi setiap kaum perempuan.

“Kartini merupakan salah satu perempuan modern yang mengeluarkan ide-ide brilian. Di jamannya, ia banyak berbicara tentang kesetaraan gender, pendidikan, maupun perjuangan politik,” ujarnya di Kantor Sekretariat DPRD Kota Tangsel, Senin, (21/4/2014).

Spirit itu, terang Airin, harus terus dijaga oleh kaum perempuan masa kini. Ada banyak nilai-nilai humanis telah diajarkan Kartini dalam catatan-catatan hariannya. Nilai luhur itulah yang mesti dijadikan prinsip. Lalu kesehariannya diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Disinggung adanya perbedaan era Kartini dan sekarang, Airin meyakini betul bila semangat dari nilai-nilai kemanusiaan tidak banyak berbeda. Meski kerap terganjal ruang dan waktu.

Airin bilang, bagaimana menghargai, jujur, kasih sayang maupun bekerja keras, adalah bagian dari nilai-nilai kemanusian. Meskipun Kartini kini sudah menghadap Tuhan Yang Maha Esa, tapi pemikiran dan gagasannya akan terus ada hingga ratusan tahun mendatang.

Oleh karena itu, imlementasikan nilai-nilai falsafah yang dianut Kartini harus dijalankan dari lubuk hati paling dalam oleh setiap peremuan. Sehingga, peringatan Hari Kartini yang dirayakan setiap tahun tak hanya seremonial belaka. Lantaran bila dipahami, ajaran dan prinsip Kartini sangatlah berkarakter.

“Saya yakin bila itu bisa diterapkan, nilai luhurnya akan terus abadi. Seperti kutipan, habis gelap, terbitlah terang. Ucapan itu bukan hanya sebatas kata-kata, tapi memiliki makna yang mendalam,” terangnya.

Ajaran dan prinsip berkarakter itu, menurut Airin bisa diartikan bahwa perempuan harus mandiri, kerja keras, sabar, ataupun bisa berkarya guna menghasilkan manusia yang unggul dan besar. Jadi, idealnya perempuan moderat sekarang ini harus seperti apa di era globalisasi?.

Pertama, tambah Airin, perempuan dituntut harus cerdas dan memiliki pendidikan yang baik. Alasannya, lewat pendidikan yang mumpuni maka akan menghasilkan manusia unggul serta siap berkompetisi. Jika itu terpenuhi, niscaya perempuan tersebut mendapatkan tempat terhormat.

Fakta telah membuktikan bahwa ada banyak perempuan sukses berasal dari beragam latarbelakang, pendidikan dan disiplin ilmu berbeda. Mereka begitu memiliki kemauan, kerja-keras dan semangat untuk maju. Kemudian apa pesannya bagi kaum perempuan di segala penjuru Ibu Pertiwi ini?. **Baca juga: Airin: Pembuangan Sampah Ilegal Terus Digempur.

“Pastinya harus Cerdas, Modern, dan Religius. Ketiga motto tersebut bila digabungkan akan menghasilkan sebuah kebangkitan, energi dan kemandirian seorang perempuan super,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru