oleh

Ini Tiga Poin Tuntutan Pekerja Tol Tangerang-Merak

Gerbang Tol Karang Tengah ditutup mulai April‎ 2017.(yud)

Kabar6-PT Marga Mandala Sakti (MMS) selaku pengelola jalan Tol Tangerang-Merak seharusnya bersikap lebih adil kepada seluruh pekerjanya.

Ketika laba bersih perusahaan setiap tahun meningkat, maka distribusi keuntungan perusahaan untuk kesejahteraan pekerja seharusnya juga ditingkatkan.

Deputy Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (Ketua Harian KSPI), Muhamad Rusdi mengatakan, tuntutan pekerja kepada jajaran direksi sesungguhnya sangat wajar.

Alasannya karena di setiap keuntungan perusahaan selalu ada kontribusi keringat dari pekerja.

“Kami prihatin dengan proses penetapan kenaikan upah secara sepihak oleh Direksi PT Marga Mandala Sakti,” katanya dalam siara pers yang diterima kabar6.com, Senin (6/3/2017).

Rusdi mengaku, bahkan ada informasi pekerja dengan masa kerja 20 tahun yang masih digaji di bawah Rp4 juta. Padahal PT Margala Mandala Sakti adalah bagian dari Astra Group secara umum memiliki standar upah yang tinggi.

“Mengapa di PT Marga Mandala Sakti standar upahnya jauh berbeda dengan perusahaan lain yang ada di Astra Group?” ungkap Rusdi.

Lebih lanjut, Rusdi menegaskan, bahwa KSPI mendukung tuntutan Serikat Karyawan Tol Tangerang Merak untuk memperjuangkan tiga point penting. Yakni, kenaikan upah periode 2017 sebesar 10-15 persen.**Baca juga: JPO Tol BSD Diproyeksikan Rampung April 2017.

Kedua, standarisasi upah PT Marga Mandala Saktid engan standar upah Astra Group. Pemberlakuan struktur dan skala upah sesuai peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.**Baca juga: Gerbang Tol Karang Tengah April Dihapus.

“KSPI juga mendukung rencana SKTTM dan ASPEK Indonesia yang akan melakukan mogok kerja sesuai perundang-undangan yang berlaku, pada akhir Maret 2017. Jika Direksi PT Marga Mandala Sakti tidak juga mau merespon dan membahas kembali tuntutan SKTTM,” tegas Rusdi.**Baca juga: Tuntut Gaji, Pekerja Tol Tangerang-Merak Ancam Mogok.

Hingga berita ini diturunkan kabar6.com masih berusaha menghubungi jajaran direksi PT Marga Mandala Sakti.(yud)

Berita Terbaru