oleh

Ini Tanda Tubuh Kurang Vitamin C

Kabar6-Selain mencerahkan kulit, vitamin C dipercaya mampu menangkal zat karsinogen, yang melahirkan sel-sel kanker dalam jaringan tubuh. Umumnya, orang dewasa membutuhkan 75 miligram vitamin C setiap hari.

Kebutuhan itu dipenuhi antara lain dengan mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin C. Meskipun demikian, banyak orang yang masih belum dapat memenuhi asupan tersebut sehingga kekurangan vitamin C. Apa saja sih tanda tubuh kekurangan vitamin C? Melansir WebMD, berikut uraiannya:

1. Luka susah sembuh
Ketika Anda terluka, tubuh akan dituntut untuk membuat kolagen dan protein demi merajut kembali sel-sel pada kulit. Kolagen dan protein ini ternyata hanya bisa dibentuk melalui bantuan vitamin C. Seseorang yang kekurangan vitamin C akan mengalami kesusahan untuk merapatkan luka.

2. Mimisan & pendarahan pada gusi
Banyak studi yang telah membuktikan, vitamin C dapat menjaga pembuluh darah Anda. Selain itu, juga dapat membantu pembekuan darah Anda. Jadi orang yang kekurangan vitamin C akan mengalami pendarahan tak terkontrol seperti mimisan dan pendarahan pada gusi

3. Berat badan meningkat
Penelitian telah menunjukkan hubungan antara kadar vitamin C yang rendah dengan jumlah lemak tubuh yang meningkat, khususnya pada lemak perut. Menurut penelitian tersebut, vitamin C memiliki peran yang baik untuk membakar lemak yang diganti menjadi energi. Nah, mereka yang kekurangan vitamin C akan tercermin dari berat badannya yang naik.

4. Kulit kering & keriput
Vitamin C merupakan sebuah antioksidan yang juga dapat membantu menjaga kulit Anda dari radikal bebas. Ia dapat memecahkan minyak, protein dan bahkan DNA. Kulit seseorang yang tidak memiliki banyak asupan vitamin C akan secara cepat mengalami keriput dan kering. ** Baca juga: Apakah Anda Termasuk Orang yang Susah Mengingat Wajah Seseorang?

Sudahkan Anda mencukupi asupan tubuh akan vitamin C? (ilj/bbs)

Berita Terbaru