oleh

Ini Sejumlah Minuman Berkalori Tinggi

Kabar6-Terkadang orang tidak mempedulikan jumlah kalori pada makanan yang mereka konsumsi, karena informasi tabel pada kemasan seringkali tidak jelas. Sebuah penelitian dari The Office for National Statistics menemukan, rata-rata setiap orang mengasup sekira 50 persen kalori lebh banyak dari yang mereka pikirkan. Hal ini karena banyaknya kandungan kalori tersembunyi dalam beberapa jenis makanan.

Karena itulah seringkali orang merasa heran karena berat badannya tak kunjung turun, padahal porsi makan sudah dikurangi. Bisa jadi semua ini disebabkan Anda mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi yang tersembunyi. Melansir lifespan, berikut sejumlah minuman yang tinggi kalori:

1. Smoothies
Banyak smoothie buah yang dibuat dari es krim penuh lemak, jadi sebenarnya Anda mengonsumsi milkshake. Selain itu, smoothie sering dibuat dari sirup gula yang mengandung banyak kalori, dan bukannya buah segar. Buatlah smoothie sendiri dengan menggunakan buah segar beku, jus buah, dan yoghurt bebas lemak.

2. Berbagai jenis kopi
Berbagai jenis minuman kopi, seperti kopi mocha atau frapuccino atau cappuccino mengandung krimer dan sirup yang mengandung banyak kalori. Setiap gelas kopi dapat mengandung sekira 500-650 kalori.

3. Minuman bersoda
Minuman bersoda mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan terjadinya diabetes, obesitas, gangguan daya ingat, dan berbagai gangguan lainnya. Mengonsumsi minuman bersoda setiap harinya selama enam bulan dapat meningkatkan lemak hati hingga 142 persen, lemak pada tulang hingga 221 persen, lemak pada organ tubuh lainnya hingga 30 persen, dan meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

4. Koktail
Beberapa jenis minuman koktail seperti margarita, pina colada, dan white Russians mengandung banyak kalori. Berbagai jenis minuman ini dibuat dari santan, krim, serta mengandung banyak gula. Segelas pina colada mengandung sekitar 700 kalori.

5. Minuman manis
Berbagai jenis minuman aneka rasa juga mengandung banyak gula. Perhatikanlah berapa banyak kandungan gula di dalamnya sebelum membeli minuman tersebut. Lebih baik bila Anda mengonsumsi air putih.

6. Minuman energi
Selain mengandung kafein, berbagai jenis minuman energi juga mengandung gula. Satu kaleng atau botol minuman energi dapat mengandung sekira 280 kalori dan 62 gram gula.

Selain menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan peningkatan berat badan, mengonsumsi terlalu banyak minuman berenergi juga dapat berakibat fatal bagi kesehatan anda. Berbagai penelitian lainnya juga menemukan bahwa minuman berenergi juga berhubungan dengan peningkatan resiko terjadinya stroke, gangguan irama jantung (aritmia), penurunan kesadaran, serangan jantung, dan episode psikosis.

Bila Anda merasa mengantuk dan kurang bertenaga di siang hari, pilihlah kopi (kopi hitam) ketimbang minuman berenergi yang memiliki kalori lebih rendah.

7. Jus apel
Mengapa jus apel juga termasuk salah satu minuman berkalori tinggi? Hal ini karena sebanyak 800 ml jus apel mengandung sekira 117 kalori dan 28 gram karbohidrat. Anda tetap dapat mengonsumsi jus apel sesekali alias tidak setiap hari. ** Baca juga: Apa Saja Penyebab Penuaan Kulit?

Apakah salah satunya adalah minuman favorit Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru