oleh

Ini Rumah Sakit di Swedia yang Layani Pria Korban Pemerkosaan

Kabar6-Siapa bilang korban pemerkosaan hanya para wanita saja? Buktinya, di beberapa negara, ada pria yang menjadi korban pemerkosaan. Dan pelakunya ternyata bisa pria atau wanita.

Hal itulah yang membuat sebuah rumah sakit bernama South General Hospital, Stockholm, Swedia, mulai melayani pria korban pemerkosaan. Dilansir Independent, ada sekira 370 kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap pria dilaporkan tahun lalu di Swedia. “Anggapan umumnya adalah bahwa lelaki tidak bisa diperkosa,” kata Dr Lotti Helstrom.

Dijelaskan Dr Helstrom, topik pemerkosaan pria masih sangat tabu namun terjadi lebih sering dari yang diperkirakan. Menurutnya, penting bagi pria untuk memiliki akses perawatan darurat seperti halnya wanita korban pemerkosaan.

Sementara South General Hospital sudah memiliki layanan 24 jam bagi wanita korban pemerkosaan yang ditangani dokter, bidan, perawat, psikolog dan pekerja sosial. ** Baca juga: Trik Baru, Carney Gunakan 10 Pakaian Sekaligus Demi Hindari Denda Bagasi Pesawat

“Sebuah klinik yang diperuntukkan bagi lelaki korban pemerkosaan akan berkontribusi terhadap kesadaran adanya pelecehan seksual di antara pria,”ujar Inger Bjorklud, seorang juru bicara dari Swedish Association for Sexuality Education (RFSU).(ilj/bbs)

Berita Terbaru