oleh

Ini Proyeksi Empat Titik Parkir Meter di Tangsel

Kabar6-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan bahwa kegiatan pelatihan cara pengoperasian mesin parkir meter dilakukan oleh pihak ketiga.

 

Kini sebagai lokasi permulaan layanan jasa parkir meter yang ada luar gedung (off street) ditempatkan di area sekitar Teraskota, kawasan BSD City, Kecamatan Serpong.

 

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Parkir dan Terminal, Dito Chandra Wirastio kepada wartawan, Jumat (7/8/2015). “Perusahaan operator parkir yang berikan pelatihan dan keterampilan pada juru parkir,” ungkapnya.

 

Diakuinya, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi penerapan sistem mesin perangkat yang menggunakan aplikasi Integreted Technology Service (ITS) parking mobile ini kepada petugas.

 

Mereka merupakan warga sekitar yang sebelumnya mengelola area parkir tersebut tapi belum terkoordinir dengan baik. Dito memaparkan, ada empat titik lokasi lahan parkir meter yang tahun ini diproyeksikan bakal segera diterapkan.

 

Keempatnya antara lain di kawasan Kecamatan Serpong yakni pada area pelayanan Samsat Serpong, Ruko Versailles BSD, Bebek Kaleyo di Rawa Buntu, dan Ruko Pamulang Permai.

 

“Parkir di Teraskota lokasi strategis dan selalu ramai. Selain itu, lokasi tersebut jadi sentra perekonomian kota,” terangnya. ** Baca juga: Kesbangpol Tolak Razia Aids & Narkoba Disebut Efek Demo

 

Mengenai tarif parkir, sambung Dito disesuaikan dengan peraturan walikota (Perwal) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Tarif Parkir Kendaraan Bermotor. Besaran tarifnya mencapai Rp 1000 untuk sepeda motor serta Rp2.000 untuk mobil.

 

“Tarif ini berlaku flat. Tidak per jam,” katanya. Ia pun memastikan, pemberlakuan layanan parkir meter ini tidak akan mengganggu para juru parkir. Sebab kearifan lokal tetap menjadi perhatian pemerintah daerah.(yud)

Berita Terbaru