oleh

Ini Pesan Rano Karno Saat Lepas Tim Pemandu Haji Banten

Gubernur Banten, Rano Karno saat melepas TPHD.(zis)

Kabar6-Gubernur, Banten Rano Karno meminta petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) kreatif dan cekatan dalam setiap kondisi, untuk melayani jemaah haji asal Provinsi Banten. Terlebih, sebanyak 70 persen dari total 6.788 jemaah haji asal Banten, merupakan golongan lanjut usia (Lansia).

“Sesampainya disana, petugas harus langsung hunting jalan, tempat dan lokasi untuk mengantisipasi. Contohnya ketika macet bisa langsung cari jalur alternatif, itulah fungsinya petugas,” kata Gubernur Banten Rano Karno, saat memberikan sambutan pada acara pelepasan TPHD Provinsi Banten di teras Pendopo Gubernur, Jumat (5/8/2016).

Rano memastikan, para petugas TPHD yang “bandel” dengan tidak menjalankan tugas, akan menjadi catatan sendiri ketika kembali ke Indonesia, karena setiap petugas TPHD memiliki tugas membuat laporan sebagai bahan untuk evaluasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Banten Lukmanul Hakim, mengaku sepakat dengan pernyataan Gubernur Banten bahwa keberadaan petugas TPHD merupakan pelayan haji.

“Memang betul, karena mereka (TPHD) dibiayayi oleh pemerintah untuk membantu jamaah haji yang ada di Mekkah,” ujarnya.

Lukman menjelaskan, jemaah haji asal Banten yang didominasi kategori lansia, dengan rata-rata usia 60-70 tahun. Bahkan, ada Jemaah yang sudah berusia 92 tahun. **Baca juga: 1.629 Calhaj Kabupaten Tangerang “Diterbangkan” Agustus.

“Mudah-mudahan meskipun sakit, disana diberi kekuatan. Bagi jemaah yang sakit, pemerintah memberikan fasilitas semaksimal mungkin untuk di hajikan. Walaupun sedang di rumah sakit,” katanya. **Baca juga: Kemenag Kabupaten Tangerang Imbau Calhaj Tidak Narkoba dan Hamil.

Petugas TPHD yang akan berangkat sendiri, sebanyak 46 TPHD dari 117 peserta yang mengikuti seleksi. “TPHD itu di tiap-tiap keloter pasti ada. Satu keloter itu sekitar 399 orang, Banten sendiri ada 17 keloter. Satu keloter ada yang 5 sampai 7 TPHD,” katanya.(zis)

Berita Terbaru