Home / Aneka Berita / Sehat / Ini Penyebab Mengapa Mulut Berbau Saat Datang Bulan
Ilustrasi/bbs

Ini Penyebab Mengapa Mulut Berbau Saat Datang Bulan

Kabar6-Selain menjaga kesehatan organ intim, kebersihan gigi dan mulut pun tetap perlu diperhatikan selama datang bulan (menstruasi). Ya, saat menstruasi terkadang bau mulut cenderung menjadi makin tak enak. Tidak hanya itu, gusi pun sering ikut berdarah atau bengkak.

Mengapa kondisi itu dapat terjadi? Dikutip dari Vemale, sebagian besar wanita mengalami penurunan kadar saliva (air liur) saat haid, sehingga mulut menjadi kering dan menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.

Kadar estrogen yang tinggi saat haid juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan mulut dan gusi, dapat menyebabkan pembengkakan dan inflamasi pada gusi. Anda disarankan lebih berhati-hati membersihkan gigi dan gusi saat sudah mendekati tanggal menstruasi. Hal itu karena kondisi gusi bisa lebih sensitif, dan rentan terjadi gusi berdarah.

Hindari melukai gusi saat sedang haid, karena dikhawatirkan akan muncul canker sore, yang dalam istilah medis disebut aphthous ulcers, merupakan sejenis sariawan yang jumlahnya lebih dari satu. Kondisi ini biasanya bertahan sampai lebih dari dua minggu, dan bisa sering berulang pada beberapa orang. ** Baca juga: Selain Bikin Lezat Makanan, Konsumsi Cabai pun Menyehatkan

Yuk, jaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut setiap hari.(ilj/bbs)

Check Also

Kurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar, Begini Caranya

Kabar6-Mengurangi kalori bukan berarti kita akan merasa kelaparan atau mengurangi jumlah makanan secara drastis. Dengan ...