oleh

Ini Pemicu Kadar Hormon Testosteron Pria di Kota Besar Mudah Turun

Kabar6-Hormon testosteron yang diidentikkan sebagai hormon pria, berpengaruh terhadap libido, pembentukan massa otot dan ketahanan tingkat energi, serta perubahan karakteristik seks sekunder pada pria saat puber, misalnya suara berubah menjadi lebih berat.

Sebuah penelitian menemukan, pria yang tinggal di kota besar cenderung mengalami penurunan kadar hormon testosteron. Kondisi ini dapat dipengaruhi berbagai macam hal. Diketahui, pria akan mengalami penurunan kadar hormon testosteron seiring usia.

Namun di kota-kota besar, melansir Kompas, faktor usia bisa dikesampingkan karena sudah banyak pria muda kekurangan hormon testosteron. Penurunan kadar hormon testosteron dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal misalnya karena polusi udara, kegemaran mengonsumsi makanan cepat saji, senang konsumsi makanan berlemak atau serba instan, atau konsumsi minuman berbahan susu kedelai.

Sementara faktor pemicu dari dalam seperti stres dan banyak aktivitas tapi malas berolahraga. Ketika seseorang mengalami penurunan kadar hormon testosteron, hal ini akan mempengaruhi beberapa hal dalam tubuh.

Salah satunya adalah permasalahan pada otot. Hal ini karena hormon testosteron merupakan dasar dari pembentukan dan kekuatan otot. Kemudian masalah jantung, penurunan motivasi dan semangat, kemampuan intelektual dan daya ingat, tingkat kebugaran, fungsi sistem reproduksi, serta kekuatan tulang.

Kekurangan hormon testosteron juga akan berpengaruh terhadap kulit, kerontokan pada rambut serta persendian, serta risiko kanker prostat dan kanker jantung. ** Baca juga: Minimalisir Insomnia dengan 5 Makanan Sehat

Ada beberapa ciri pada pria yang kurang hormon testosteron ini seperti obesitas, gemuk di bagian perut saja, dan kesuburan pria menurun.

Selain itu, daya intelektual dan daya ingatnya juga berkurang, depresi, terganggu pola tidur, performanya menurun termasuk kesuburan sperma, libido atau gairah seksualnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru