oleh

Ini Pemicu Harga Cabai di Banten Melambung Tinggi

Petani cabai di Pandeglang, Banten.(zis)

Kabar6-Melambungnya harga cabai di wilayah Banten saat ini, kiranya bukan tanpa sebab. Itu dikarenakan banyak petani cabai yang mengalami gagal panen.

Demikian diungkap Wawan Setiawan, salah seorang petani cabai asal kampung Cimanggu, Desa Citumenggung, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, kepada kabar6.com, Minggu (10/1/2016).

Sedangkan salah satu penyebab gagalnya panen petani cabai adalah, akibat serangan hama daun keriting. “Hama ini paling menakutkan bagi petani,” ujar Wawan. 

Menurutnya, tanaman cabai yang sudah terserang hama itu, tidak dapat menuai panen alias gagal total. Pasalnya, tanaman cabai akan menjadi kerdil, tidak dapat tumbuh dengan baik dan tidak dapat berbuah, jika di biarkan begitu saja maka tanaman akan mati.

“Hama itu penyebab gagal panen. Sehingga kami para petani rugi total. Jadi, wajar kalau harga cabai dipasaran sekarang naik,” kata wawan lagi.

Menurut Wawan, agar terkendali dan tidak mengalami kerugian sampai jutaan rupiah, pada saat ditemukan hama tersebut, maka pohon cabai lebih baik dimusnakan sebelum menyebar ke semua pohon. **Baca juga: Di Tangerang, Harga Cabai Kini Tembus Rp60 Ribu Per Kilo.

“Kalau sudah tidak bisa terkendalikan lebih baik dimusnakan. Hama tersebut merupakan momok paling menakutkan bagi kami para petani cabai,” tuturnya.(zis)

Berita Terbaru