oleh

Ini Makanan yang Lebih Sehat Jika Dimakan Mentah

Kabar6-Makan adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Sebelum menyantap hidangan, umumnya kita akan memasak bahan-bahan mentah makanan terlebih dahulu.

 

Namun, mungkin Anda belum mengetahui jika ada beberapa jenis bahan makanan yang lebih sehat dan memiliki nilai gizi sempurna, ketika dimakan mentah.

 

Apa sajakah itu?

 

1. Brokoli

Brokoli tergolong sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin C, kalium, protein, kalsium, serta kandungan sulforaphane merupakan jenis senyawa yang berkhasiat untuk melawan sel kanker dalam tubuh.

 

Sulforaphane juga membantu menurunkan tekanan darah, mencegah penuaan dini, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Brokoli yang dikonsumsi mentah memiliki nilai gizi yang dapat diserap secara maksimal.

 

2. Paprika merah

Kandungan vitamin C pada paprika merah yang dimasak dengan suhu 375 derajat fahrenheit, akan memudar dan pecah. Padahal, paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, antioksidan, serta menjadi sumber vitamin B6, E dan Magnesium.

 

3. Bawang bombay

Senyawa Allicin yang terkandung dalam bawang bombay berkhasiat mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Anda disarankan untuk mengkonsumsi bawang Bombay dalam kondisi mentah, agar lebih mendapatkan khasiat yang luar biasa. ** Baca juga: Waspadai Tidur Mendengkur

 

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang panjang atau almond, memiliki sumber lemak sehat sehingga membantu menyeimbangkan program diet Anda. Jika dikonsumsi mentah, Anda bisa mendapatkan nilai gizi secara maksimal.

 

5. Bit

Mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin B, C dan kalium.  Berkhasiat juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh, stamina, melawan peradangan, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah sel kanker. Mengkonsumsi bit dalam kondisi mentah memang lebih baik untuk kesehatan tubuh.

 

Nah, tentukan jenis makanan kesukaan Anda untuk dikudap mentah. (ilj/bbs)

Berita Terbaru