oleh

Ini Lokasi Posko Daftar Mudik ‎Lebaran Gratis di Tangsel

Kabid Angkutan Dishubkominfo Tangsel, Wijaya Kusuma.(yud)

Kabar6-‎Terhitung mulai besok hingga 12 Juni 2016 mendatang, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuka pendaftaran layanan mudik lebaran gratis.

Sedianya, program untuk mengurangi pemudik bersepeda motor ini sudah memasuki tahun keempat kalinya.

Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Kota Tangsel, Wijaya Kusuma mengatakan, masyarakat urban bisa mendaftarkan diri lewat jaringan internet. Jika ingin mendaftar secara manual atau offline bisa mendatangi posko-posko mudik lebaran gratis yang sudah disediakan.

‎”Registrasi pendaftaran online masyarakat bisa mengaksesnya melalui situs resmi dephub.go.id,” katanya saat dihubungi kabar6.com, Minggu (15/5/2016).

Wijaya memaparkan, warga urban calon pemudik yang ingin pulang berlebaran di kampung halaman secara gratis mulai besok bisa langsung mendatangi posko-posko pendaftaran.

Titik-titik sebaran posko lokasi pendaftaran secara manual antara lain, di ‎kantor Kecamatan Pamulang, Stasiun Sudimara, kawasan pergudangan Taman Tekno 2, kantor Kecamatan Pondok Aren, dan Pasar Serpong.

Menurut Wijaya, pada musim mudik lebaran tahun ini Kementerian Perhubungan menyediakan kuota sebanyak 12 ribu unit sepeda motor. Sementara angkutan peserta mencapai 24 ribu orang.

“Kementerian menyediakan 240 unit truk pengangkut motor, dan 533 unit bus untuk pemudik di wilayah Jakarta dan daerah terdekat lainnya,” paparnya.

Wijaya sebutkan, ada sembilan daerah tujuan mudik yang akan mengantarkan warga urban berlebaran di kampung halamannya masing-masing. Sedangkan untuk arus balik lebaran hanya melayani bagi tiga daerah yakni, Yogyakarta, Solo dan Semarang.

Kesembilan daerah tujuan saat arus mudik yaitu, ‎Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Magelang, Wonosobo, dan Semarang. **Baca juga: Daftar Mudik Lebaran Gratis di Tangsel Bisa Lewat Internet.

‎”Alhamdulillah, program mudik gratis ini sangat membantu masyarakat urban yang mau bersilaturahmi bersama keluarganya pas lebaran,” tambah Wijaya.(yud)

Berita Terbaru