oleh

Ini Lho Tujuh Sumber Bau Badan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Memiliki masalah bau badan memang bukan hal yang menyenangkan. Selain mengganggu penampilan, bisa-bisa Anda akan dijauhi dari lingkaran pergaulan.

Selain berasal dari ketiak, ternyata bau badan pun bisa berasal dari tujuh kondisi berikut. Dikutip dari klikdokter, ini dia uraiannya:
1. Stres
Ada beberapa jenis keringat yang dapat ditimbulkan oleh tubuh. Nah, keringat yang baunya paling tidak sedap adalah yang muncul saat sedang stres, karena diproduksi kelenjar apokrin.

Diketahui, kelenjar apokrin memproduksi keringat yang tidak terlalu basah dan bakteri sangat senang dengan lemak dan protein yang terdapat dalam keringat ini.

Oleh karena banyaknya jumlah bakteri ini yang membuat bau tidak sedap. Keringat ini berbeda dengan keringat yang dikeluarkan saat sedang olahraga ataupun panas, di mana keringat jenis ini mengandung air serta mineral yang banyak.

2. Kaki
Bakteri memang sangat senang tinggal pada kaki kita oleh karena jari-jari kaki biasanya berada pada tempat yang gelap, hangat, dan lembab di mana merupakan tempat habitat bakteri. Sebanyak 10-15 persen orang memproduksi keringat lebih banyak, sehingga beberapa orang dapat memiliki bau kaki yang lebih tidak sedap.

3. Jarang cuci dalam wanita (bra)
Beberapa jenis kain bra memiliki kemampuan menyerap keringat sehingga bila digunakan berulang tanpa dicuci dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

4. Konsumsi Brokoli berlebihan
Tentu Anda pernah mendengar bahwa diet yang mengandung tinggi bawang dapat memicu bau mulut, hal ini benar. Beberapa makanan seperti brokoli dapat menyebabkan timbulnya baru mulut.

5. Kelainan genetis Trimethylaminuria
Mutasi dari beberapa gen yang dinamakan sebagai Trimethylaminuria, dapat mempengaruhi tubuh sehingga tidak dapat memecah zat kimia yang dinamakan trimethylamine. Kandungan ini yang membuat bau pada ikan dan bila menumpuk pada tubuh maka bau mulut, urin dan keringat dapat menimbulkan bau ikan.

6. Alkohol
Saat Anda mengkonsumsi minuman beralkohol, maka alkohol tersebut dapat keluar dari pori-pori dan menimbulkan bau badan.

7. Diabetes
Saat penyakit diabetes tidak diobati maka dapat timbul kondisi yang dinamakan diabetic ketoacidosis. Saat terjadi hal ini maka dapat terjadi perubahan bau badan. ** Baca juga: Apa Sebab Seseorang Alami Keringat Berlebihan?

Teliti kembali jika Anda mengalami bau badan, sehingga dapat diketahui penyebabnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru