oleh

Ini Lho Penyebab Bau Kaki

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Salah satu hal yang mengganggu pergaulan adalah masalah bau kaki. Diketahui, penyebab bau kaki berasal dari bercampurnya bakteri actynomycetes dan keringat berlebih (hiperdrosis).

Nah, hiperhidrosis adalah kondisi keringat berlebihan yang dihasilkan tubuh kita dan berlangsung secara konstan. Biasanya hiperhidrosisberada pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak.

Keringat yang keluar dari tubuh kita tidak mengandung bau karena keringat hanya tersusun dari mineral (Na, Cl & K). Dikutip dari American Chemical Society, “Keringat di kaki sebenarnya tidak berbau tapi berperan besar menyebabkan bau.”

Sementara bakteri actynomycetes memiliki habitat di tanah, namun dapat ditemukan pada tumbuhan, hewan dan manusia. Keluarga bakteri ini ada yang berperan sebagai parasit namun ada juga yang bermanfaat bagi lingkungan dan manusia. Mereka memecah materi organik seperti selulosa dan kitin yang merupakan bagian penting dari pembentukan humus/pupuk.

Bau kaki dapat terjadi akibat keringat bercampur dengan bakteri actynomycetes pada kulit kaki. Bakteri actynomycetes yang ada pada tubuh kita akan menguraikan lemak dan protein yang ada pada keringat kita dan menghasilkan gas.

Ada tiga macam gas yang yang dihasilkan oleh bakteri yaitu propanoic acid (berbau kecut), methanethiol (berbau seperti belerang dan keju) dan isovaleric acid (berbau tengik/asam seperti cuka). ** Baca juga: Mitos Tentang Marah yang Sebaiknya Diketahui

Gas tersebut dapat menguap, tertiup angin dan tidak tercium seperti pada telapak tangan kita. Pada kasus bau kaki, udara terhambat akibat pemakaian kaus kaki dan alas kaki yang terlalu ketat sehingga gas terperangkap di dalam dan keluar ketika kita melepaskan alas kaki.(ilj/bbs)

Berita Terbaru