Home / Aneka Berita / Busyet Dah / Ini Lho Negara yang Bebas Asap Rokok
Ilustrasi/bbs

Ini Lho Negara yang Bebas Asap Rokok

Kabar6-Sudah menjadi rahasia umum, asap rokok terbukti dapat membahayakan kesehatan, bahkan bagi orang yang tidak merokok sekalipun. Hanya sekadar menghirup asap rokok orang yang sedang merokok di sekitar Anda, tubuh pun ikut ‘kebagian’ racun mematikan.

Karena itulah beberapa negara di belahan dunia ini melarang adanya asap rokok di tempat umum. Melansir CNN Indonesia, negara Islandia yang berada di antara Atlantik utara dan Samudra Arktik, memiliki ruang khusus untuk penggemar tembakau, sehingga wisatawan dapat menikmati restoran, bar, atau pub tanpa ada masalah dan gangguan asap rokok. Islandia telah membuat aturan serta gencar mengampanyekan bebas asap rokok untuk membersihkan lingkungan.

Negara lain adalah Irlandia, dengan kampanye kuat melawan asap rokok. Irlandia sebenarnya adalah negara pertama di dunia yang melarang merokok di tempat tertutup. Selanjutnya adalah Australia, dengan jumlah iklan anti rokok sangat tinggi. Pihak berwenang mengetahui pentingnya lingkungan yang bersih bisa membuat mayoritas

wisatawan dan masyarakat setempat lebih betah, sehingga kawasan bebas asap rokok sangat dihormati.

Negara tujuan lain yang bebas asap rokok adalah Kanada. Di banyak provinsi di Kanada, pemilik toko akan menjauhkan rokok dari pandangan pelanggan. Ini merupakan hasil kerja yang baik dari masyarakat dan pemerintah setempat.

Terakhir adalah Norwegia. Pada tahun-tahun belakangan ini, jumlah perokok di Norwegia semakin menurun. Hal ini terutama berkat larangan merokok yang diterapkan sejak 2004 di semua tempat tertutup. ** Baca juga: Sisi Tersembunyi di Balik Kecantikan Geisha Jepang

Cara yang patut diacungi jempol.(ilj/bbs)

Check Also

Seorang Koki Asal London Kreasikan Burger Rasa Daging Manusia

Kabar6-Untuk menarik pelanggan, ada banyak hal yang dilakukan seorang koki, salah satunya adalah membuat kreasi ...