oleh

Ini Kriteria Wilayah Kumuh di Tangsel Jadi Kampung KB

Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah menentukan tiga titik wilayah pemukiman padat penduduk menjadi Kampung Keluarga Berencana (KB).

Program penanggulangan laju pertumbuhan penduduk itu turut menggandeng Komando Rayon Militer 052/Wijayakrama.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Tangsel, Apendi mengatakan, ada tiga kriteria utama dalam menentukan suatu wilayah menjadi Kampung KB.‎

Yakni, di lokasi tersebut jumlah peserta KB dibawah rata-rata. Kedua, jumlah pra keluarga Sejahtera diatas rata-rata.‎

“Tidak hanya jumlah peserta KB yang dibawah rata-rata, wilayah tersebut dilihat dari kekumuhan, kawasan miskin,terpencil dan lainnya,” ungkapnya di RT 13 RW 03, Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, kemarin.

Apendi menjelaskan, dari 54 keluraham/esa di Kota Tangsel sudah ‎tiga wilayah diprioritaskan menjadi Kampung KB. Dua wilayah lainnya yang sempat menjadi proyeksi setelah Pondok Betung yaitu di Kelurahan Kedaung, Pamulang dan Ciputat di Kecamatan Ciputat.

“Dan akhirnya terpilihlah Kelurahan Pondok Betung menjadi lokasi Kampung KB,” terang Apendi. **Baca juga: Wilayah Kumuh di Pondok Aren Dibikin Kampung KB.

‎Program pembentukan Kampung KB sangat diperlukan di Tangsel. Sebab, keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia di Kota Tangsel. Tujuan strategisnya membentuk keluarga pra-sejahtera untuk menunju yang lebih baik.(yud)

Berita Terbaru