Ini Kesedihan Pemilik Bangunan di Lahan Negara yang Dibongkar Satpol PP Tangerang

Penertiban bangunan di lahan negara dilakukan Satpol PP Kota Tangerang.(hms)

Kabar6-Hari ini, Selasa (15/3/2016), petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang, benar-benar membongkar ratusan bangunan usaha dan rumah yang berdiri diatas lahan milik  PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) dan Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Rasa kecewa, amarah hingga cucuran air mata dari pemilik bangunan pun turut mewarnai proses pembongkaran bangunan tersebut.

Roni, salah seorang pemilik bangunan rumah yang dibongkar di bantaran rel kereta api Kelurahan Tanah Tinggi, bahkan sempat marah dengan petugas Satpol PP, karena uang tabungannya sebesar Rp42 juta, hilang dari rumahnya.

“‎Uang saya hilang Mas. Rp42 juta. Tadi masih ada. Siapa yang mengambil uang saya,” teriak Roni tak kuasa menahan emosinya.

Roni menduga, bila uangnya di dalam kardus diambil seseorang petugas berseragam saat mengeluarkan barang-barang dari dalam dirumahnya.

Padahal, uang itu merupakan hasil tabungan selama bertahun-tahun berdagang ayam di Pasar Tanah Tinggi, Kota Tangerang. “Itu uang hasil dagang ayam. Hasil kerja keras saya dan istri saya mas. Sekarang siapa yang mau tanggungjawab,” teriaknya kepada wartawan.

Tak hanya Roni, isak tangis pun bercucuran dari mata Ny. Sutiah, warga pemilik bangunan liar diatas tanah Kemenkumham dan PT Kereta Api Indonesia liannya.

Ny. Sutiah bahkan sempat jatuh pingsan, manakala alat berat bergerak merobohkan rumahnya. Wanita paruh baya itu mengaku tak mampu menahan sedih, mengingat tiga hari lagi dirinya berencana menikahkan anaknya dirumah itu.

“Saya kecewa sama Pemkot Tangerang. Karena saya sudah minta waktu sampai hari Jumat. Soalnya saya mau nikahkan anak saya,” teriak Ny Sutiah.

Meski telah memohon, petugas Satpol PP tetap tak menggubris permintaan wanita paruh baya itu. “Subhanallah mudah-mudah Walikota Tangerang mendapat berkah. Saya rela Pak Arif bongkar rumah saya,” sesumbar Ny. Sutiah. **Baca juga: Pemkab Tangerang Wacanakan Pembangunan Rusunawa Dekat Dadap.

Ya, dalam penggusuran itu, petugas membongkar ratusan bangunan liar yang berada di bantaran rel kereta api Kelurahan Tanah Tinggi, Kota Tangerang.‎ **Baca juga: Selasa, Satpol PP Tangerang Bongkar Bangunan Usaha di Lahan Negara.

Sementara itu, Humas PT KAI mengatakan pihaknya menertibkan bangunan kiri kanan yang berada di sepanjang bantaran rel Stasiun Tanah Tinggi dibongkar petugas. Pembongkaran tersebut bertujuan mensterilkan lokasi bantaran rel karena kerap terjadi kebakaran. **Baca juga: Warga Ingin Gusuran PKL Pasar Serpong Tak Seremonial.

“Jalur di sepanjang bantaran rel kereta api harus benar-benar steril. Karena beberapa lokasi sering juga terjadi kebakaran yang bisa mengganggu keamanan perjaanan kereta api,” ungkap Bambang.(abie)