oleh

Ini Jadwal Seleksi Pertukaran Pemuda Kota Tangerang

Kabar6-Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Tangerang, akan membuka pendaftaran seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN).

Kegiatan ini bertujuan menantang para pemuda untuk berani berkiprah mengenalkan Indonesia di negara tetangga.

Kabid Pemuda Disporbudpar Kota Tangerang, Wawan fauzi mengatakan, kegiatan program PPAN, PPAP dan KPN merupakan kegiatan rutin tahunan dari Kementrian Negara Pemuda dan Olah Raga (Kemenegpora).

Dan, untuk tingkatan Kota dan Kabupaten, proses penyelesiannya dilakukan pada bulan Maret 2014 ini.

“Untuk seleksi PPAN akan dimulai pada tanggal 18 sampai 19 maret, PPAP dibuka pada bulan mei, sedangkan untuk KPN dibuka pada tanggal 26 sampai 27 maret,” ujarnya.

Sedangkan kategori pertukaran Pemuda di peruntukan bagi kalangan pemuda pelajar dan mahasiswa. Dan, untuk proses seleksinya akan dilaksanakan di area plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

“Momen pertukaran pemuda tingkat provinsi dan nasional serta internasional ini sangat bermanfaat bagi Kota Tangerang. Karena para duta pemuda bisa saling bertukar informasi dan budaya di tempat tinggalnya masing masing,” jelasnya.

Wawan menjelaskan, untuk mengikuti kegiatan tersebut peserta terlebih dahulu lulus ditingkat kota dan tingkat provinsi. Selanjutnya peserta langsung menjadi duta utusan Provinsi Banten ke luar negeri bilamana terpilih dalam PPAN.

“Dalam pertukaran pemuda ini kemenegpora hanya memberikan kuota dua duta putra dan dua duta putri untuk setiap katgori pertukaran pemuda,” terangnya.

Ia menyebutkan, ada sejumlah negara yang mengikui pertukaran pemuda. Diantaranya Malaysia, Kanada, Korea, Australia serta China. Dan, diakui Wawan dalam dua tahun terakhir pemuda asal kota Tangerang berhasil terpilih untuk di kirim ke luar negeri.

“Kita berharap pada tahun ini pemuda Kota Tangerang kembali bisa mewakili Banten untuk menjadi duta keluar Negeri”, jelasnya.(ali/rani)

Berita Terbaru