oleh

Ini Empat Pilihan Untuk Komoditas Industri Unggulan

Kabar6-Komoditas tanaman hias anggrek masih menjadi pilihan bagi Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) untuk dikembangkan menjadi produk unggulan.

Nantinya komoditas tersebut dijadikan sebagai kajian Kompetitif Inti Industri Daerah di program Kementerian Perindustrian pada tahun ini.

“Nantinya Kota Tangsel akan dipusatkan sebagai budidaya anggrek di Indonesia,” kata Walikota Airin Rachmi Diany, usai rapat pimpinan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T), Serpong, Sabtu (27/7/2013).

Airin menjelaskan, Sebenarnya ada 4 jenis industri telah dikaji oleh pemerintah pusat terkait produk unggulan di Kota Tangsel. Namun, karena anggaran yang dimiliki Kementerian Perindustrian cukup terbatas maka dipilih anggrek hias.

Keempat potensi itu antara lain, industri konveksi, kuliner, pengolahan pangan, dan tanaman hias. Pemilihan produk komoditi unggulan, terang Airin, ditentukan dari suara terbanyak Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang hadir dalam pertemuan itu.

“akhirnya kami disuruh memilih salah satu dari empat potensi disini,” terang Airin.

Menurut Airin, komoditi jenis anggrek yang akhirnya masih perlu digali. Apalagi saat ini Pemkot  Tangsel telah memiliki laboratorium penelitian pertanian di Taman Hutan Jombang.

Di labolatorium itulah nantinya akan dipilih dan dikembangkan bibit tanaman anggrek unggulan.

“Tidak hanya itu, kami pun sudah memiliki kebijakan, bila disemua kantor SKPD harus menanam Anggrek di halamannya. Sehingga bunga ini bisa jadi ikon Kota Tangsel,” ujarnya.(yud)

 

Berita Terbaru