oleh

Ini Dua Penyebab Infrastruktur Jalan di Tangsel Mudah Rusak

Kabar6-Buruknya kondisi infrastruktur jalan-jalan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang mudah rusak harus dilihat dari dua aspek yang saling terintegrasi. Kedua hal inilah yang bisa dianggap bisa diketahui faktor penyebab.

Demikian disampaikan Dosen Teknik Sipil Intitut Teknologi Indonesia (ITI), Kecamatan Setu, Nur Hakim saat dihubungi kabar6.com melalui sambungan selularnya, Senin (9/9/2013). “Tidak bisa dilihat dari satu sudut pandang saja,” katanya.

Menurut Hakim, faktor pertama penyebab infrastruktur mudah rusak yakni buruknya sistem perencanaan. Ketika satu titik ruas jalan yang rusak ingin diperbaiki, perencanaan dilaksanakan tidak sesuai dengan standar kebutuhan yang layak.

Kedua, tambah Hakim, faktor proses perbaikan yang tidak sesuai dengan spesifikasi pekerjaan. Pada faktor ini biasanya karena pihak kontraktor mengurangi bahan bangunan dengan dalih disesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Bisa saja proses perencenaan yang salah atau pekerjaannya tidak sesuai spek. Kalau rusak ya harus diperbaiki,” tambahnya.

Seperti diketahui, sepanjang ruas di Jalan Raya Siliwangi, Kecamatan Pamulang, banyak yang rusak dan berlubang. Tepatnya di depan Pamulang Square dan dekat Rumah Sakit Buah Hati kondisi jalan berlubang parah dan terjadi genangan setiap diguyur hujan lebat.

Kondisi ini membuat mahasiswa Universitas Pamulang yang mengatasnamakan Gerakan Rakyat Bertanya menggelar aksi protes. Kaum intelektual itu menanam sebatang pohon pisang di jalan depan Pamulang Square sambil memasang selembaran kertas bernada sindiran.(yud)

 

Berita Terbaru