oleh

Ini Dia Manfaat Makan Langsung Pakai Tangan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian orang lebih suka makan langsung menggunakan tangan alias tidak memakai sendok dan garpu. Tahukah Anda ternyata ada beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh dari kebiasaan tersebut?

Apa sajakah itu? Dikutip dari Hello Sehat, ini dia manfaat yang dimaksud:
1. Lebih fokus pada makanan
Kondisi ini disebut dengan mindful eating atau fokus saat makan. Mindful eating memiliki berbagai manfaat antara lain bisa lebih menikmati makanan, lebih sadar apa dan berapa banyak yang dimakan, menjadi kenyang lebih lama, dan mencegah makan berlebihan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology menunjukkan bahwa orang yang makan dengan tangan cenderung makan hanya ketika lapar dan lebih bisa merasakan isyarat kenyang.

2. Tingkatkan sistem pencernaan
Terdapat teori yang mengatakan bahwa proses pencernaan sudah dimulai ketika memilih makanan dengan tangan. Saat Anda makan dengan tangan, jari-jari bersentuhan dengan makanan sebelum masuk ke mulut.

Ujung saraf pada jari-jari dapat merasakan suhu dan tekstur makanan yang di makan. Hal ini membuat otak bersiap-siap ‘menyambut’ makanan dan memicu pelepasan enzim serta bahan kimia lain dalam tubuh untuk mencerna makanan, sehingga hal ini dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik.

3. Cegah mulut ‘terbakar’ karena makanan panas
Ketika merasakan suhu makanan saat makan dengan tangan, dapat mencegah makanan panas membakar mulut saat makan. Jari-jari dapat menjadi sensor suhu yang baik.

Saat makan dengan tangan, mudah bagi Anda untuk mengukur seberapa panas makanan yang akan dimakan. Jadi, akan bisa merasakan apakah makanan panas dapat diterima oleh mulut atau tidak. ** Baca juga: Hueek…Kolam Renang Bisa Mengandung Puluhan Liter Air Seni

Hal yang perlu diingat, sebelum makan jangan lupa mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun, untuk menghilangkan kuman-kuman dan mencegah penyakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru