Ini Dia Ciri Rumah Sehat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.

Memiliki rumah yang sehat, merupakah hal yang sangat penting, karena semua berawal dari rumah. Kondisi rumah akan mempengaruhi kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Rumah sehat adalah rumah yang dirancang, dibangun, dan dijalankan dengan cara yang kondusif dan mendukung kesehatan penghuninya.

Bagaimana rumah dapat disebut sehat? Berikut uraiannya, dikutip dari webkesehatan.com:

1. Sirkulasi udara
Perputaran udara yang baik dapat membuat rumah menjadi segar dan tidak lembab. Selain meningkatkan kualitas udara, sirkulasi udara yang baik juga dapat menghalangi perkembangan bakteri akibat kondisi ruangan yang pengap dan lembab.

Setiap ruangan idealnya memiliki ventilasi udaranya masing-masing untuk memastikan kebersihan dan kesegaran udara di dalam rumah.

2. Sumber air
Air merupakan pendukung utama kehidupan, sehingga sumber air yang bersih dan sehat merupakan keharusan. Jika Anda menggunakan penampungan air seperti tandon, drum, ataupun bak besar, pastikan agar tertutup dan posisinya jauh dari sumber kuman (septic tank). Selain itu, bersihkan secara rutin.

3. Saluran pembuangan
Pastikan saluran pembuangan air di rumah lancar dan tidak tersendat ataupun menggenang. Pembuangan air yang tidak baik bisa mendatangkan bau tidak sedap, akumulasi kuman, hingga menjadi sarang nyamuk.

4. Kebersihan rumah
Bersihkan rumah setiap hari agar bebas dari debu dan kotoran. Perhatikan juga alat/bahan kimia pembersih yang digunakan, dan pastikan produk tersebut berlabel “aman” untuk keluarga.

5. Bebas dari zat kimia berbahaya
Tanpa kita sadari, banyak tempat tinggal yang terkontaminasi berbagai bahan kimia, seperti cat rumah kurang aman untuk penggunaan dalam rumah, produk-produk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya, hingga penggunaan pestisida (misalnya pada pembasmi serangga, dll).

Akumulasi zat-zat kimia tersebut dapat berdampak buruk bagi penghuni rumah, khususnya dalam jangka panjang, yang bisa saja memicu kanker.

6. Lingkungan rumah
Lingkungan di sekitar rumah juga sangat mendukung bagi kesehatan penghuninya, termasuk lingkungan yang hijau. Untuk itu tanamlah beberapa tumbuh-tumbuhan di pekarangan rumah.

Jika daerah lingkungan rumah Anda memiliki jalan khusus untuk bersepeda dan jogging, itu akan memotivasi Anda dan keluarga untuk tetap aktif dan berolahraga. ** Baca juga: Hindari Sering Memakai Kosmetik

Bagaimana dengan tempat tinggal Anda dan keluarga? (ilj/bbs)