oleh

Ini Daftar 10 Kota Paling Macet di Asia

Kabar6-Kemacetan menjadi salah satu masalah yang terjadi di kota-kota besar dunia. Beberapa kota, bahkan memiliki volume kendaraan yang sangat tinggi, sehingga dinobatkan menjadi kota termacet di dunia.

Nah, di antara kota-kota termacet di dunia, beberapa di antaranya berada di Benua Asia. Pada 2019, Asian Development Bank (ADB) merilis sebuah riset yang menunjukkan bahwa kota-kota di Asia merupakan kota paling macet di dunia.

ADB melakukan riset tersebut dengan cara mengumpulkan data dari 278 kota besar yang ada di Asia. Data-data tersebut dikumpulkan dengan cara melihat gambar lampu-lampu jalanan yang bersinar pada malam hari di kota-kota tersebut. Melansir tempo.co, berikut adalah 10 kota paling macet di Asia menurut ADB:

1. Metro Manila, Filipina
2. Kuala Lumpur, Malaysia
3. Kota Yangon, Myanmar
4. Dhaka, Bangladesh
5. Bengaluru, India
6. Ha Noi, Vietnam
7. Kolkata, India
8. Delhi, India
9. Pune, India
10. Ho Chi Minh, Vietnam

Manila, dalam riset tersebut, merupakan kota paling macet di Asia. Riset yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG) terhadap kemacetan di Manila menunjukkan, sebanyak 84 persen penduduk kota tersebut berkeinginan untuk membeli kendaraan baru dalam lima tahun ke depan.

Hal tersebut kemungkinan besar membuat kemacetan di Manila semakin parah. ** Baca juga: Kilang Anggur Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di Kota Yavne, Dapat Hasilkan 2 Juta Liter per Tahun

Namun, keberadaan transportasi umum baru, seperti Uber dan Grab, juga berpotensi untuk membuat tingkat kemacetan menurun. Sebab, dua layanan transportasi umum tersebut menawarkan carpool service, yakni layanan ketika penumpang layanan transportasi umum berbagi kursi dengan penumpang lain yang membuat upah layanan menjadi lebih murah. Layanan tersebut mampu menekan volume kendaraan di Filipina meskipun belum terlalu banyak.

Bagaimana dengan Jakarta? Menurut ADB, Jakarta menempati posisi ke-17 dalam daftar kota termacet di Asia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru