oleh

Ini Cara Tiongkok Memberantas Korupsi

Kabar6-Salah satu “penyakit” dalam masyarakat adalah korupsi. Perbuatan tidak terpuji ini bisa terjadi di mana saja.

 

Salah satunya adalah korupsi dalam Pemerintahan, yang merugikan uang negara. Nah, negara yang menerapkan hukum serta kebijakan ketat perihal korupsi contohnya Tiongkok.

 

Berikut adalah kebijakan Pemerintah Tiongkok dalam memberantas korupsi:

 

1. Partai Komunis di Tiongkok tidak memperbolehkan anggotanya menjalankan model hidup berlebihan, seperti mengonsumsi makanan/minuman mahal, berselingkuh, maupun ikut dalam grup golf. Pelanggaran bisa dikenakan sanksi peringatan tertulis, hingga dicabut keanggotaannya.

 

2. Gerakan anti korupsi model baru dicanangkan Partai Komunis di Tiongkok. Tiap pejabat partai itu mengikuti tur ke penjara-penjara. Mereka diajak menengok koruptor yang mendekam dalam penjara akibat korupsi. Kegiatan ini sudah digelar di Provinsi Hubei. Lebih dari 70 pejabat provinsi tersebut beserta istri diajak menemui 15 mantan petinggi yang kini kurus kering akibat dicokok polisi.

 

3. Pejabat di Tiongkok dilarang membeli parcel berisi kue Imlek memakai uang negara. Larangan ini diserukan Presiden Xi Jinping dalam program melawan korupsi. Siapa pun yang melanggar kebijakan ini, maka Komisi Kedisiplinan akan segera mengadili orang yang bersangkutan.

 

4. Pejabat di Tiongkok dilarang membuat pemakaman mewah untuk keluarga, karena dianggap membuang-buang uang. Larangan ini diumumkan dalam surat edaran partai.

 

Disebutkan, tiap anggota partai tidak diperbolehkan menerima uang duka dari para pelayat. Penghormatan berlebihan untuk orang mati di Tiongkok bisa dinilai sebagai sebuah pemborosan. ** Baca juga: Yuk Kunjungi Museum Kuliner Terunik di Dunia

 

Bagaimana ya seandainya peraturan ini diterapkan di negeri kita? (ilj/bbs)

Berita Terbaru