Home / Aneka Berita / Sehat / Ini Alasan Sebaiknya Tidak Konsumsi Obat dengan Minuman Berkafein
Ilustrasi/bbs

Ini Alasan Sebaiknya Tidak Konsumsi Obat dengan Minuman Berkafein

Kabar6-Obat-obatan dapat memiliki berbagai efek pada tubuh dan sejumlah interaksi yang bervariasi tergantung pada kondisi biologis Anda sendiri, serta apa yang telah dikonsumsi.

Nah, minum obat dengan minuman berkafein seperti teh atau kopi adalah contoh bagaimana tanpa kita sadari dapat menyebabkan interaksi dalam tubuh yang membuat obat-obatan kurang efektif, atau bahkan dapat menjadi berbahaya.

Mengapa Anda sebaiknya tidak minum obat dengan teh atau kopi? Dilansir Go Dok, berikut uraiannya:

1. Mengandung asam tannic
Kopi dan teh mengandung asam tannic yang memiliki reaksi kimia dengan berbagai macam obat. Ini juga akan menyebabkan mereka larut lebih cepat dan menjadi tidak efektif.

2. Mengandung kafein
Kafein sendiri adalah zat pahit yang terjadi secara alami pada lebih 60 tanaman. Kafein dapat mempercepat metabolisme.

Hal ini dapat meningkatkan laju di mana tubuh memproses dan menyerap berbagai zat dan dapat menyebabkan obat bereaksi dengan cara yang berbeda. Kafein menstimulasi sistem saraf pusat, meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan pengeluaran urine.

3. Campuran kopi & susu
Jika Anda menambahkan susu pada kopi, maka bisa menjadi lebih buruk karena susu mengandung kalsium yang menyerap banyak nutrisi dan obat itu sendiri. Meskipun kalsium itu kemudian diserap oleh tubuh, ini tidak akan memberi mereka dampak sepenuhnya.

4. Campuran gula & teh atau kopi
Mungkin ketika minum obat, Anda menambahkan gula ke teh atau kopi. Padahal ini juga dapat memiliki reaksi yang tidak diinginkan dan dapat menyebabkan ketegangan pada hati yang merupakan efek yang sama dengan cara alkohol mempengaruhi hati.

5. Masalah lainnya
Meskipun kopi tanpa kafein atau teh, atau bahkan dengan susu hangat, faktanya bahwa Anda mengonsumsi minuman panas yang akan mempercepat proses pelarutan pil dalam perut yang mungkin mempengaruhi kemampuan mereka untuk membantu mengatasi masalah. ** Baca juga: Yuk, Rajin Minum Air Putih di Pagi Hari

Dalam semua kasus, sejauh ini hal yang paling masuk akal untuk minum obat adalah air putih, karena tidak akan memiliki interaksi yang tidak diinginkan terhadap obat dan tidak akan memngaruhi tubuh dengan cara apa pun yang dapat menjadi kontraproduktif.(ilj/bbs)

Check Also

Kurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar, Begini Caranya

Kabar6-Mengurangi kalori bukan berarti kita akan merasa kelaparan atau mengurangi jumlah makanan secara drastis. Dengan ...