oleh

Ini Alasan Jembatan Layang Bitung dan Cikupa Mendesak Dibangun

Kabar6-Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang Bambang Mardi mengatakan jembatan layang mendesak untuk dibangun dibBitung dan Cikupa. “Karena kondisi jalan sudah overload,” ujarnya, Kamis (18/4/2019).

Kondisi ini, kata Bambang, diperparah pelebaran jalan sudah tidak memungkinkan dilakukan karena terbatasnya lahan sehingga jalan satu satunya adalah membuat jalan layang.

Berdasarkan hasil kajian, kata Bambang, kepadatan lalu lintas di Bitung dan Cikupa sudah diatas ambang batas. “Rasionya sudah sampai 6, sudah paling parah,”katanya.

Menurut Bambang, mengurai kemacetan dititik titik tersebut juga sulit. Perilaku pengendara dan masyarakat selama ini juga menjadi penyebab kesemrawutan jalan itu.

“Ngetem seeenaknya, bahu jalan digunakan untuk berjualan, penertiban sudah sering dilakukan, tapi kembali lagi,” katanya.

Solusi lainnya kata Bambang, Kabupaten Tangerang juga membangun Terminal Tipe C di kawasan Curug. Langkah ini untuk menampung bus angkutan antar kota yang selama ini ngetem di Bitung.

Karena masalah lalu lintas yang sudah akut tersebut, Pemerintah Kabupaten Tangerang merancang pembangunan jembatan layang di Bitung dan Cikupa.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Selamet Budi mengatakan jembatan layang Bitung akan dibangun sepanjang 600 meter dari lapangan Pertamina, melewati lampu merah hingga pintu tol Bitung.

“Nanti dari jembatan layang ini akan ada interchange langsung ke gebang tol,” paparnya.

Menurut Budi, Bitung merupakan salah satu titik kemacetan paling parah di Kabupaten Tangerang.

Penyebabnya, kata dia, kapasitas dan volume kendaraan yang tak seimbang, menjadi tempat bus dan angkot ngetem, serta terdapat banyak U-turn yang membuat laju kendaraan lambat. “kondisinya sudah sangat semrawut.”

**Baca juga: Kabupaten Tangerang Siapkan Pembangunan Jembatan Layang di Bitung dan Cikupa.

Sementara jembatan layang Cikupa dibangun dari Pasar Cikupa hingga gerbang Perumahan Citra Raya. Desain kontruksi dan pendanaan Budi menyebutkan sama dengan Bitung.

Hanya saja, kata dia, karena berada di ruas jalan nasional untuk pendanaan konstruksi jembatan layang Cikupa dan Bitung akan dibiayai sepenuhnya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Kabupaten Tangerang hanya menyiapkan kajian dan lahan saja,” kata Budi. (GFM)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru